KABAR NASIONAL

13 Hal Ini Bakal Bikin Kamu Bangga Peringati Hari Pahlawan, Yuk Disimak!

 

5. Inggris Harus Turunkan Dua Jenderal Alumnus PD II untuk Taklukkan Surabaya

Aubertin Walter Sothern (A.W.S.) Mallaby atau juga dikenal dengan Brigadir Jenderal Mallaby adalah komandan Brigade 49 Divisi India dengan kekuatan kurang lebih 6000 pasukan dan berpengalaman dalam berbagai pertempuran di Perang Dunia II.  Mallaby tewas di Surabaya, dan digantikan Mansergh.

Brigjen Mallaby dari Sekutu bersama Dr Soegiri sebagai wakil rakyat Indonesia. (net)

Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh adalah jenderal yang terkenal karena kemenangannya dalam Perang Dunia II di Afrika saat melawan Jenderal Rommel. Mansergh membawa 15 ribu tentara, dibantu enam ribu personel brigade 49 The Fighting Cock dari Jenderal Mallaby yang telah tewas, ditambah dengan persenjataan serba canggih, termasuk menggunakan tank Sherman, 25 ponders, 37 howitser, kapal Perang HMS Sussex dibantu 4 kapal perang destroyer, dan 12 kapal terbang jenis Mosquito.

Mayor Jenderal Eric Carden Robert Mansergh

 

6. Resolusi Jihad KH Hasyim Asy’ari

Ini adalah salah satu fragmen penting peristiwa 10 November 1945, namun sering dilupakan. Padahal resolusi tersebut menjadi inspirasi yang menggerakkan para pejuang untuk mengobarkan semangat jihad menghadapi tentara penjajah.

KH Hasyim Asy’ari (tengah) (net)

Ada tiga poin penting dalam Resolusi Jihad ini. Pertama, Hukum membela negara dan melawan penjajah adalah fardlu ‘ain bagi setiap mukallaf yang berada dalam radius masafat al-safar. Kedua, perang melawan penjajah adalah jihad fi sabilillah, dan oleh karena itu umat Islam yang mati dalam peperangan itu adalah syahid. Ketiga, mereka yang mengkhianati perjuangan umat Islam dengan memecah-belah persatuan dan menjadi kaki tangan penjajah, wajib hukumnya dibunuh.

 

Berikutnya: Transkrip Pidato Bung Tomo

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *