KABAR NASIONAL Kabar Parlemen

2 Hektare Ladang Ganja Ditemukan, DPR Minta KLHK Usut dan Musnahkan

Polres Kerinci berhasil menemukan ladang ganja di Kabupaten Kerinci, Jambi. Ladang ganja yang ditemukan jumlahnya hampir seribu batang ganja dan tersebar sekira 2 hektare. [foto: dok. KerinciTime]

kabargolkar.com, JAKARTA – Polres Kerinci berhasil menemukan ladang ganja di Kabupaten Kerinci, Jambi. Ladang ganja yang ditemukan jumlahnya hampir seribu batang ganja dan tersebar sekira 2 hektare.

Seperti dilansir portal berita HarianSinggalang, penemuan ladang ganja tersebut setelah anggota Satres dan Intelkam Polres Kerinci menyisir hutan sejak Minggu-Senin (20-21/1). Kapolres Kerinci, AKBP Dwi Mulyanto mengatakan pihaknya baru sampai ke Sungaipenuh sekitar pukul 21.00 Wib Senin (21/1).

“Lokasinya jauh di dalam hutan, memakan waktu tempuh sekitar 15 jam. Anggota mulai star jam 02.00 Wib dinihari Minggu, mulai di air terjun Pendung Semurup, Kecamatan Air Hangat, Kerinci,” ujar Dwi.

Menyikapi hal tersebut, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Polisi Hutan serta Jagawana bersama dengan Kepolisian RI untuk menelusuri dan memusnahkan ladang ganja dengan cara dibakar, serta meminta kepolisian untuk segera menindak tegas pelaku penanaman ganja tersebut.

“Lakuka pemetaan dan peningkatan pengawasan secara intensif dengan melakukan patroli di zona rimba Taman Nasional Kerinci Seblat yang kerap ditanami ganja,” jelas Bamsoet melalui keterangan persnya kepada kabargolkar, Rabu (23/1).

Poltisi Partai Golkar Jawa Tengah (Jateng) ini mengimbau kepada masyarakat untuk turut aktif atau melaporkan ke Kepolisian RI jika mengetahui informasi adanya warga yang menanam ganja di hutan.

“Khususnya di zona rimba Taman Nasional Kerinci Seblat,” pungkasnya. [*/HarianSinggalang]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *