KABAR GOLKAR KABAR PILEG

5 Hal Ini Jadi Tantangan Partai Golkar Hadapi Pileg 2019

pileg 2019

ilustrasi (net/kabargolkar.com)

kabargolkar.com Upaya Partai Golkar memenuhi target memenangkan Pemilihan Legislatif atau Pileg 2019 mendapatkan tantangan. Sebagaimana diketahui, Golkar telah mencanangkan target perolehan  18% suara nasional atau sejumlah 110 kursi legislatif di DPR RI di Pileg 2019.

Setidaknya ada lima hal yang menjadi tantangan yang dihadapi Partai Golkar dan para caleg yang bertarung di Pileg 2019.

Pengenalan Caleg dan programnya di masyarakat

Para caleg yang turun di dapilnya masing-masing terus mengupayakan sosialisasi kepada masyarakat. Caleg petahana tentu mempunyai keunggulan karena praktis sudah pernah menghadapi dapilnya dan telah cukup dikenal di masyarakat. Hal berbeda terjadi pada caleg baru. Para caleg baru ini harus berpikir keras mencari cara yang kreatif agar dirinya dapat dikenali oleh masyarakat. Baru setelah itu menawarkan kepada masyarakat program kerja yang akan diusungnya bila terpilih nanti.

Waktu yang kian mepet

Berdasarkan ketetapan KPU, tahapan waktu kampanye calon anggota DPR, DPD, dan DPRD serta pasangan calon presiden dan wakil presiden berlangsung dari 23 September 2018-13 April 2019. Disusul masa tenang selama 3 hari pada 14 April 2019-16 April 2019. Sementara saat ini sudah di penghujung tahun 2018. Praktis hanya tersisa 3 bulan 3 minggu waktu efektif untuk berkampanye. Dalam politik, waktu sependek itu tidak akan terasa lama. Butuh strategi untuk dapat menyampaikan kampanye yang praktis, efektif, efisien kepada target pemilih di tiap-tiap dapil,

Pada 8 April 2019-17 April 2019 pemungutan dan penghitungan suara. Pemilih di luar negeri akan memberikan suaranya terlebih dahulu. Sementara secara nasional, secara serentak akan dilaksanakan pada 17 April 2019.

 

selanjutnya: Tampilan surat suara

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *