KABAR NASIONAL

Agun Gunandjar Kenang Keberhasilan Karakterdes Golkar

Sesi Foto setelah acara diskusi dan bedah buku, “Memoar Sarwono” yang berlangsung di Kanror DPD DKI Jakarta, Rabu (17/7/2019) Photo/Istimewa

Kabargolkar.com – Golkar  pernah melakukan terobosan dan memiliki strategi yang sangat progesif sekali, bernama Karakterdes yakni Kader Penggerak Teritorial Desa. Istilah tersebut pertama kali disematkan oleh Sekjend Golkar Sarwono Kusumaatmadja saat menjabat pada Tahun 1983-1988.

Melalui efektivitas gerakan Karakterdes, basis perjuangan Partai Golkar bukan lagi berdasarkan kabupaten/kota atau kecamatan. Konsolidasi bahkan bisa terjalin dengan konstituen sampai ke tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS), demikian salah satu memori yang kuat dari seorang legislator Golkar Kang Agun Gunandjar Sudarsa saat hadir di acara Bedah Buku, “Memoar Sarwono” di kantor Golkar DKI Jakarta, rabu (17/7/2019)

“Piranti ini disediakan oleh pendahulu Golkar untuk berkarya sampai unit terkecil di tengah masyarakat. Jejak sejarah inilah yang harus kita hidupkan kembali demi kesinambungan gerakan partai bagi, khususnya yang mengaku anak anak muda Golkar yang sedang berproses membangun Partai. Pak Sarwono telah memberikan contoh progresif kepada kita semua, intelektulitas, pergerakan, maupun pengabdiannya ke partai Golkar dengan menginisiasi program Karakterdes tadi”, ucap Tokoh Golkar asal Ciamis tersebut

Disisi lain, lanjut Kang Agun. Pengalaman Sorwono sebagai kader Golkar yang hadir dari kalangan sipil ini, juga mempunyai dampak positif kepada kader kader lainnya saat itu yang sangat diidentikan dengan pengaruh angkatan darat begitu dominan, sehingga masuknya beliau (Sarwono) ke ranah politik Golkar membuka semcam kekutan progresifitas dan intelektulitasnya.

“Saya masuk ke Golkar sebagai kader dan anggota saat masih periode Amir Moertono, sangat jelas sekali dominasi angkatan darat begitu dominan, hadirnya beberapa kader sipil seperti Pak Sarwono saat itu tentu membuka arus baru dalam kaderisasi di tubuh Golkar. Tidak salah kalangan sipil ini memang sangat progresif, dan contohnya inisiasi program buat Golkar bisa sangat luar biasa” tutup Kang Agun Gunandjar. (Angga Hariyanto)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *