KABAR KADER KABAR PILPRES

Airlangga Ketum Paling Aktif Kabarkan Capaian Jokowi

kabargolkar.com, JAKARTA – Dinamika politik Pemilu 2019 membuat partai politik mesti membagi strategi untuk pileg dan pilpres. Elite Partai Golkar dengan Ketua Umum Airlangga Hartarto tercatat dinilai paling aktif sosialisasikan pencapaian pemerintahan era Jokowi.

Peneliti Alexandria Strategy, Edbert Gani mengatakan hal ini karena setiap kunjungan ke daerah, Golkar mampu menyuarakan pencapaian pemerintah.

“Coba perhatikan setiap pemberitaan Golkar, hampir setiap turun ke daerah, sebagai menteri atau ketua umum partai, Airlangga selalu sampaikan capaian pemerintah yang jarang dilakukan ketua umum parpol lainnya,” ujar Edbert kepada wartawan, Rabu, 2 Januari 2019.

Edbert menekankan tak mengherankan dengan strategi Golkar maka perlahan kembali membantu elektabilitas Partai Beringin itu dalam beberapa bulan terakhir. Kata dia, elektabilitas yang perlahan naik ini karena Airlangga punya kesinambungan sebagai Ketum Golkar dan Menteri Perindustrian.

“Saya melihat ada kesinambungan antara peran Airlangga dalam mensupport Kemenperin dengan suplai elektabilitas Jokowi. Di saat yang sama berdampak buat elektabilitas Golkar juga, jadi ada garis linear,” tuturnya.

Kemudian, ia menyoroti Kemenperin yang dipimpin Airlangga menjadi ujung tombak dalam kerangka blue print perindustrian Indonesia. Salah satunya, gencar dalam program menuju revolusi industri 4.0.

“Lebih kepada performance Kemenperin yang sejak dipimpin Airlangga cukup baik dengan programnya yakni Indonesia menuju revolusi industri 4.0 atau making Indonesia 4.0,” jelasnya.

Di Pilpres 2019, Golkar merupakan salah satu partai pengusung Jokowi-Ma’ruf Amin. Selain Golkar, ada PDIP, PPP, Nasdem, Hanura, dan PKB. Lalu, tiga partai non parlemen seperti PSI, PKPI, dan Perindo.

Sebelumnya, dalam riset Indonesia Indicator (I2), nama Airlangga Hartarto menempati posisi dua terbanyak sebagai figur yang menyampaikan kinerja pemerintahan Jokowi.

Riset I2 ini menggunakan teknologi artificial intelligence (AI). Dalam riset itu mencatat sepanjang 2018, sosok Sri Mulyani diberitakan 2.300 media online di seluruh Indonesia dalam 48.365 berita. Posisi kedua, ditempati Airlangga Hartarto dengan 38.167 berita. (viva)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *