KABAR NASIONAL

Airlangga, Luhut hingga Thomas Lembong Rapat di Kantor JK Bahas Hal Ini

Kepala BKPM Thomas Lembong (foto: Rina Atriana/detikcom)

kabargolkar.com, JAKARTA –¬†Sejumlah pejabat menggelar rapat di kantor Wakil Presiden Jusuf Kalla di Jalan Medan Merdeka Utara, Jakarta Pusat. Rapat membahas soal upaya peningkatan Tingkat Komponen Dalam Negeri (TKDN).

Rapat dimulai pada pukul 15.00 dan selesai pada 16.20 WIB. Sejumlah pejabat yang hadir antara lain Menko Kemaritiman Luhut B Panjaitan, Menteri Perindustrian Airlangga Hartarto, Wakil Menteri ESDM Arcandra Tahar, Kepala BKPM Thomas Lembong hingga Dirjen Bea Cukai Heru Pambudi.

“Kita bicara strategi meningkatkan TKDN, meningkatkan produk lokal di dalam misalnya proyek-proyek migas, proyek kelistrikan, dan terutama proyek yang didanai oleh APBN dan APBD,” kata Thomas Lembong.

“Karena memang ini dana pemerintah untuk infrastruktur perhubungan atau alat kesehatan ya kita mau utamakan itu untuk beli produk lokal. Jadi kami bicara detil mengenai eksekusi di lapangan bagaimana,” jelasnya.

Thomas mencontohkan, ESDM bisa mengeluarkan spesifikasi pipa gas secara transparan sehingga bisa dilihat produsen lokal. Sehingga produsen lokal bisa menyesuaikan dan membuat barangnya.

“Jangan speknya aneh, sulit diikuti oleh produsen lokal. Sehingga kita kalah melulu dengan impor. Eksekusi penggunaan produk lokal untuk proyek dan program pemerintah,” jelas Thomas. (detik)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *