KABAR KADER KABAR PILEG

Andri Dorong KPU Bantu Tunagrahita Salurkan Hak Suara

Andri Christanto Malau. [istimewa]

Kabargolkar.com, SIBOLGA – Politisi muda Partai Golkar Sibolga, Andri Christanto Malau menyatakan setiap penyandang tunagrahita memiliki hak azasi dan hak konstitusional mutlak untuk memberikan hak suaranya sebagai Warga Negara Indonesia (WNI) pada Pemilihan Umum (Pemilu) Serentak, April 2019.

“Tunagrahita itu adalah orang yang memiliki gangguan kesehatan berupa keterbelakangan mental, bukan yang seperti yang banyak orang artikan selama ini, dengan begitu tidak ada kondisi yang dapat menghapus hak pilihnya,” ungkap Andri

Calon Legislatif (Caleg) Dapil Sibolga I nomor urut lima Partai Golkar ini menjelaskan singkat, tunagrahita sama seperti orang yang sedang dalam posisi membutuhkan penanganan medis. Andri mendorong Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk menyediakan Tempat Pemungutan Suara (TPS) di sekitar lokasi rumah sakit agar orang sakit atau dalam perawatan bisa menggunakan hak pilihnya.

“Kenapa tunagrahita tidak bisa diakomodir di rumah sakit jiwa? Analoginya kan begitu, karena penyandang tunagrahita itu orang yang sedang dirawat kejiwaannya dan bisa jadi setelah perawatan mereka sembuh seperti sediakala. Mari kita lihat mereka sebagai orang yang sedang sakit jiwa dan yakinlah pemerintah, dalam hal ini KPU tidak melanggar aturan yang telah ditetapkan dalam Undang-Undang Pemilu,” kata Andri .

Andri berharap, KPU khususnya KPU Daerah Kota Sibolga dapat mengakomodir penyandang tunagrahita yang ada di Kota Sibolga, sehingga tidak ada diskriminasi pada Pemilu 2019 mendatang.

“Kalau itu terakomodir, secara otomatis jumlah pemilih juga bertambah, meski tidak signifikan. Artinya, hak konstitusi mereka terlindungi dan terjamin sesuai slogan yang sedang digalakkan KPU, lindungi hak pilihmu,” jelasnya lagi.

Saat ditanya terkait peluang kemungkinan kaum tunagrahita akan mendukung dirinya, ia menjawab sembari tersenyum.

“Saya sangat terbuka untuk menerima semua dukungan dari bermacam golongan dan karakteristik pemilih. Jika demikian, dan terpilih saya siap mendorong adanya anggaran pemkot untuk pembinaan dan penanganan awal sebelum dikirim ke RSJ. Kaum tunagrahita ini pasti memiliki keluarga, pasti akan saya usahakan agar memilih dan mendukung kita juga.” pungkas Andri Malau yang juga selaku Ketua Tim Kampanye Daerah (TKD) Kota Sibolga Paslon Capres dan Cawapres nomor urut 01, Jokowi-Ma’ruf Amin Kota Sibolga. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *