KABAR DPD Kabar Pemilu

APK Caleg Dirusak, Golkar Temui Bawaslu Sibolga

Jajaran Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkkar Kota Sibolga mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sibolga perihal perusakan ratusan Alat Peraga Kampannye (APK) milik sejumlah Calon Anggota Legislatif (Caleg). [foto: istimewa]

kabargolkar.com, SIBOLGA – Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Kota Sibolga, Sumatera Utara (Sumut) mendatangi Kantor Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sibolga, Rabu (23/1).

Kehadiran DPD Partai Golkar tersebut dalam rangka melaporkan ratusan Alat Peraga Kampanye (APK) milik Calon Anggota Legislatif (Caleg) Partai Golkar yang dirusak oknum yang tidak bertanggung jawab.

Ketua DPD partai Golkar Sibolga, Jamil Zeb Tumori menegaskan, perusakan ratusan APK milik caleg Partai Golkar ini merupakan tindakan kriminal. Pasalnya, selama masa kampanye, APK merupakan salah satu fasilitas negara yang disiapkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan harus dijaga oleh semua pihak.

“Ini sudah tindakan kriminal, perusakan oleh oknum sudah tidak dapat di tolerir. Maka, kami meminta ke Bawaslu perihal jaminan keselamatan APK ini, karena APK merupakan bagian yang tidak bisa dipisahkan dari proses Pemilu,” tegas Jamil.

Jamil menambahkan, ratusan APK milik caleg Partai Golkar baik yang dikeluarkan oleh KPU Sibolga menurutnya telah sesuai pada tempatnya, namun pada kenyataan tidak ada jaminan keamanan terhadap APK partai politik.

“Kami tidak mau berspekulasi apakah ini perbuatan partai lain untuk menjatuhkan Golkar atau hal lainnya. Kami sangat menyesalkan perilaku tersebut, jika ingin bersaing, maka bersaing dengan sehat, rebut hati rakyat dengan adil. Kepada Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kota Sibolga, kami minta untuk memproses laporan ini agar tidak ada kejadian serupa,” terangnya.

Ditemui di tempat terpisah, Ketua Bawaslu Kota Sibolga, Zulkifli Sigalingging menjelaskan, laporan yang disampaikan Partai Golkar akan ditindaklanjuti sesuai prosedur, namun akan memakan waktu yang lama, karena oknum yang dilaporkan belum jelas statusnya. Kendati demikian, masukan dan saran yang disampaikan DPD Golkar Kota Sibolga tetap ditampung Bawaslu.

“Bawaslu bersama seluruh jajaran akan semaksimal mungkin melakukan pengawasan, kasus perusakan APK ini yang dilaporkan akan dilanjutkan kepada Bidang Gakumdu, untuk di tindaklanjuti,” ujarnya.

Zulkifli meminta kepada seluruh peserta Pemilu agar tetap menjaga Pemilu yang bersih tanpa dicederai berbagai perilaku yang dilarang Undang-undang.

“Kepada partai politik atau caleg yang memasang APK tetap memperhatikan norma estetika, sehingga tidak ada lagi insiden perusakan,” tandasnya. [tim liputan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *