KABAR NASIONAL Kabar Parlemen

APK Dirusak, DPR Dorong Bawaslu dan Polri Usut Tuntas

Atribuut kampanye salah satu partai politik yang dirusak di Pekanbaru,, Riau, beberapa waktu lalu. [foto: republika]

kabargolkar.com, JAKARTA – Maraknya dugaan pelanggaran kampanye, seperti atribut dan sosialiasi kampanye di tempat pendidikan dan perusakan Alat Peraga Kampanye (APK) ataupun bendera partai politik (parpol) yang terjadi di sejumlah daerah, rupanya menjadi sorotan publik.

Merespon hal tersebut, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) bekerjasama dengan Kepolisian untuk segera mengusut sejumlah dugaan pelanggaran tersebut serta menindak tegas oknum yang melakukan pelanggaran kampanye sesuai Undang-Undang yang berlaku.

“Tingkatkan pengawasan selama masa kampanye hingga pelaksanaan Pemilu 2019,” jelas Bamsoet melalui rilis yang diterima kabargolkar.com, Rabu (26/12).

Selain itu, Bamsoet juga meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) dan Baawslu untuk mengimbau kepada seluruh parpol peserta Pemilu agar tidak melakukan kampanye hitam (black campaign) dan ujaran kebencin (hate speech).
“Laksanakan kampanye damai dan fokus menyampaikan sejumlah program unggulan parpol,” terangnya.

Politisi Partai Golkar Dapil Jawa Tengah VII ini juga mendorong seluruh masyarakat untuk aktfi berpartisipasi dalam mengawasi jalannya kampanye Pemilu 2019. Jika ada pelanggaran, masih kata Bamsoet, segera laporkan kepada Bawaslu.

“Pelaporan itu sebagai bentuk dukungan pelaksanaan Pemilu 2019 yang Langsung, Umum, Bebas, Rahasia, Jujur, dan Adil (Luberjurdil),” tutupnya. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *