KABAR NASIONAL

Arinal Djunaidi-Chusnunia Chalim Resmi Dilantik Jokowi

Suasana pelantikan Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung terpilih oleh Presiden Jokowi di Istana Negara, Rabu (12/6). (foto: Fahrian Saleh/kumparan)

kabargolkar.com, JAKARTA –¬†Presiden Joko Widodo resmi melantik Gubernur dan Wakil Gubernur Lampung terpilih, pasangan Arinal Djunaidi dan Chusnunia Chalim di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (12/6). Acara pelantikan dimulai sejak 09.45 WIB yang diawali dengan menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya.

Pelantikan ini juga dihadiri oleh Wapres Jusuf Kalla, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo, Menteri ATR Sofyan Djalil, Mendes Eko Putro Sandjojo, Menaker Hanif Dhakiri, dan Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid.

Juga ada Menperindag yang juga Ketum Golkar Airlangga Hartarto, Plt Ketua DPD Golkar Jatim Zainudin Amali, politikus Golkar Aziz Syamsudin, mantan Gubernur Kalbar Cornelis, Wakil Ketua MPR yang Ketum PKB Muhaimin Iskandar, Ketua DPD yang juga Ketum Hanura Oesman Sapta Odang, dan Ketua MPR yang juga Ketua Umum PAN Zulkifli Hasan.

Pelantikan dilakukan berdasarkan Keputusan Presiden Nomor 49/P/ Tahun 2019.

“Keputusan Presiden Nomor 49/P/2019 pengesahan dan pengangkatan Gubernur dan Wagub Lampung masa jabatan 2019-2024,” kata petugas yang membacakan surat keputusan.

Pasangan Arinal Djunaidi dan Chusnunia yang mendapatkan nomor urut 3 mendapatkan suara sebesar 1.548.506 atau sekitar 37,78 persen dari 4.179.405 surat suara. Sementara saingan mereka, paslon nomor urut 2, Herman HN-Sutono memperoleh suara 1.054.646 suara atau 24,73 persen.

Kemudian paslon nomor urut 1 M Ridho Ficardo-Bachtiar Basri memperoleh 1.043.666 suara atau 24,46 persen dan paslon nomor urut 4 Mustafa-Ahmad Jajuli mendapat 452.454 suara atau 11, 04 persen. Dalam pilgub tersebut, pasangan Arinal Djunaidi dan Chusnunia diusung oleh Partai Golkar, PKB, dan PAN.

Di pelantikan siang ini, seperti proses pelantikan gubernur dan wakil gubernur pada umumnya, Arinal Djuanaidi dan Chusnunia melalui serangkaian prosesi. Sebelum dilantik, mereka mengambil petikan surat keputusan di Istana Merdeka, kemudian berjalan bersama Presiden Jokowi dan Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo menuju Istana Negara sambil diiringi petugas Paspampres.

Setelah itu, keduanya baru dilantik oleh Jokowi. (kumparan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *