KABAR GOLKAR

Aziz Syamsuddin Disebut Layak Jadi Ketua MPR RI

Aziz Syamsuddin (MI/Susanto)

kabargolkar.com, JAKARTA РMeski pemilihan pimpinan Majelis Permusyawaratan Rakyat (MPR) baru akan dilakukan setelah anggota DPR dan DPD dilantik pada 1 Oktober mendatang, beredar kabar Ketua MPR bakal diberikan kepada partai pemenang kedua Pemilihan Umum Legislatif 2019, yakni Partai Golkar.

Menanggapi hal itu, Wakil Ketua Badan Advokasi Hukum dan Hak Asasi Manusia (Bakumham) DPP Partai Golkar, Muslim Jaya Butarbutar, menilai sosok Aziz Syamsuddin sangat layak dan pas mengisi posisi Ketua MPR jika kursi itu memang benar-benar diserahkan kepada partainya.

“Sosok beliau kalem dan berpenampilan tenang sangat dibutuhkan untuk menjaga keseimbangan pimpinan MPR. Penilaian kepada sosok Aziz Syamsuddin adalah rasional tidak subjektif,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Rabu (25/9).

Lebih lanjut Muslim mengatakan, sisi pengalaman Azis Syamsuddin juga dinilainya sangat komplet, karena merupakan intelektual hukum yang bergelar doktor. Apalagi, Azis juga sudah cukup lama menjadi anggota DPR RI, MPR, dan pernah di fraksi.

“Bahkan saat ini pun Aziz merupakan Ketua Komisi III DPR RI, serta dari sisi usia pun dia sudah cukup matang. Penguasaan Azis Syamsuddin di bidang hukum sangat membantu lembaga MPR dalam melakukan tupoksinya,” katanya.

Muslim pun berharap dalam pemilihan pimpinan MPR ke depan dilakukan secara musyawarah mufakat, untuk memilih Azis Syamsuddin sebagai Ketua MPR bersama 9 wakil pimpinan MPR yang berasal dari perwakilan partai dan satu perwakilan DPD RI.

Sebelumnya, sebuah sumber mengungkapkan sudah ada kesepakatan partai pemenang kedua mendapatkan Ketua MPR. Karena Ketua DPR dari pemenang nomor satu yaitu Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan.

“Pemberian ke Golkar sebagai salah satu kesepakatan dalam revisi UU MD3. Golkar rela mendukung jabatan pimpinan 10 orang karena ingin Ketua MPR menjadi jatah Golkar,” kata sumber tersebut.

Dia juga menyebut Presiden Joko Widodo juga menyetujui komposisi 10 pimpinan MPR. Jokowi juga menyetujui Golkar mendapatkan jatah Ketua MPR. (MI)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *