KABAR KADER KABAR NASIONAL

Baiq Nuril Cari Keadilan, Sari Yuliati Siap Beri Pendampingan Hukum

baiq nuril

Calon Anggota Legislatif DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Pulau Lombok Hj. Sari Yuliati, MT ketika di Lombok (18/11/2018). (kabargolkar.com)

kabargolkar.com, JAKARTA – Baiq Nuril Maknun (36) menjadi nama yang menjadi perbincangan. Kasus hukum dan ketidakadilan yang menimpanya membuat banyak pihak siap memberikan berbagai bentuk bantuan kepadanya.

Sebelumnya, Mahkamah Agung (MA) telah memvonis Baiq Nuril hukuman 6 bulan penjara dan denda Rp 500 juta subsider 3 bulan bui terkait kasusnya itu. Mantan guru honorer SMAN 7 Mataram, NTB, ini dinilai melanggar Pasal 27 ayat 1 UU ITE, karena menyebarkan informasi elektronik bermuatan materi asusila.

Kader perempuan Partai Golkar Sari Yuliati memberikan tanggapan terkait kasus Baiq Nuril. Dirinya mengungkapkan pentingnya menilai kasus tersebut dengan menggunakan hati nurani, terutama bagi para pemegang keputusan kasus tersebut.

“Soal Baiq Nuril, kita hormati proses hukum, dan kita meminta para pihak yang berwenang menggunakan nuraninya saat melakukan kewenangannya,” demikian ujarnya kepada kabargolkar.com, Selasa (20/11/2018).

Sari Yuliati yang maju sebagai Calon Legislatif DPR RI daerah pemilihan Pulau Lombok ini pun siap membantu. Menurutnya, upaya Baiq mencari keadilan harus didukung penuh. “Saya sebagai pribadi ataupun bagian dari partai politik , siap memberikan bantuan,” tegasnya.

Presiden minta ikuti proses hukum

Sebelumnya dalam kesempatan terpisah, kasus Baiq Nuril ini pun menjadi perhatian Presiden Jokowi. Menurut Presiden, semua pihak harus menghormati proses hukum yang berjalan. Dirinya mengingatkan, bahkan seorang presiden pun tidak bisa mengintervensi putusan hukum.

“Mari kita hormati proses kasasi di MA. Sebagai kepala pemerintahan, saya tidak mungkin, tidak bisa intervensi putusan tersebut. Ini harus tahu,” jelas Presiden di Pasa Sidoharjo, Senin (19/11),

Tapi dalam mencari keadilan Baiq Nuril masih bisa mengajukan upaya hukum yaitu peninjauan kembali (PK). Presiden berharap nantinya melalui PK, Mahkamah Agung dapat memberikan keputusan yang seadil-adilnya.

“Saya sangat mendukung Ibu Baiq Nuril mencari keadilan,” jelas Presiden Jokowi. (tim liputan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *