KABAR GOLKAR KABAR NASIONAL Kabar Parlemen

Bamsoet Upayakan Sosialisasi Berkala Soal TBC ke Masyarakat

Ilustrasi pasien tuberkolusis. [foto: Harian Nasional]

Kabargolkar.com, JAKARTA – Data World Health Organization (WHO) Global TBC Report 2018 menyebutkan Indonesia masih menjadi negara dengan insidensi tuberkolusis ketiga tertinggi di dunia setelah India da Tiongkok, bahkan setiap tahun terdapat 842 ribu kasus baru TBC di Indonesia.

Menyikapi hal tersezbut, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) meminta Kementerian Kesehatan (Kemenkes) untuk terus berupaya melakukan sosialisasi terkait penyakit yang menyerang organ paru-paru tersebut.

“Kepada masyarakat, Kemenkes harus terus melakukan pemahaman secara berkala kepada masyarakat mengenai penyakit tuberkolusis, mulai dari penyebarannya, dampaknya, dan cara pencegahannya,” ujar Bamsoet melalui rilisnya, Kamis (15/11).

Anggota Fraksi Partai Golkar Dapil Jawa Tengah VII ini menginginkan masyarakat untuk tidak segan datang ke Fasilitas Kesehatan (Faskes) seperti ke Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) guna memeriksakan diri agar mendapatkan fasilitas pengobatan secara gratis.

“Kemenkes juga perlu mengimbau pihak rumah sakit agar memberikan pendampingan kepada pasian TBC. Imbauan ini dilakukan agar pasien rutin minum obat dan menjalani pola hidup sehat sesuai anjuran dokter,” tambahnya.

Kepada Pemerintah Daerah (Pemda), lanjut Bamsoet, dukungan penuh target Indonesia untuk mengakhiri TBC pada tahun 2030 juga perlu dilakukan berbagai upaya terpadu untuk memperkuat pendeteksian dini kasus tuberkulosis.

“Berikan dukungan baik berupa anggaran, fasilitas, sarana, dan prasarana yang memadai, serta menerapkan strategi nasional guna mengakhiri tuberkulosis;,” tuturnya.

Diharapkan, Kemenkes untuk meningkatkan akses terhadap layanan kesehatan yang berkualitas untuk masyarakat umum, mengingat Indonesia menjadi negara dengan insidensi tuberkulosis nomor tiga tertinggi di dunia.

“Sehingga upaya eliminasi tuberkulosis di Indonesia akan menentukan keberhasilan dalam mencapai SDGs 2030,” tutup Bamsoet. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *