KABAR NASIONAL Kabar Parlemen

Banjir dan Longsor di Batang, DPR Dorong BPBD Evakuasi Korban

Bencana banjir dan longsor melanda sembilan kelurahan di Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Provinisi Jawa Tengah dan merendam ribuan rumah dan jalur kereta api, bahkan terdapat jalur kereta yang amblas dan menyebabkan terganggunya jadwal keberangkatan kereta api. [foto: dok. BeritaHati]

kabargolkar.com, JAKARTA – Bencana banjir dan longsor melanda sembilan kelurahan di Kecamatan Batang, Kabupaten Batang, Provinisi Jawa Tengah dan merendam ribuan rumah dan jalur kereta api, bahkan terdapat jalur kereta yang amblas dan menyebabkan terganggunya jadwal keberangkatan kereta api.

Merespon hal tersebut, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) melalui Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) bersama Tentara Nasional Indonesia (TNI), Kepolisian, dan relawan bencana untuk melakukan evakuasi dan pertolongan apabila ada warga yang masih bertahan di rumahnya yang terdampak banjir bandang.

“Kementerian Sosial (Kemensos) bersama BPBD harus segera membuat dapur umum dan mengkoordinasikan bantuan maupun pertolongan ke tempat evakuasi korban banjir dan longsor, serta mengidentifikasi kebutuhan warga yang terdampak bencana,” tambahnya melalui rilis yang diterima kabargolkar, Senin (28/1).

Selain itu, calon anggota legislatif (caleg) di DPR RI Fraksi Partai Golkar Jateng ini mendorong Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) dan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) untuk segera melengkapi, memperbarui, dan memperbaiki peralatan early warning system (EWS) untuk mencegah jatuhnya korban jiwa apabila terjadi kembali bencana alam seperti longsor, banjir, gempa bumi, maupun tsunami.

“Mengingat waktu peringatan dini merupakan aspek yang paling penting dalam menyampaikan informasi kepada masyarakat sehingga dapat meminimalisir terjadinya korban jiwa dan materi, serta mengajak masyarakat untuk bersama-sama merawat peralatan EWS,” terangnya lagi.

Wakil Ketua Umum Pemuda Pancasila (PP) ini mengimbau, Polri bersama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk meningkatkan dan menjaga keamanan di lingkungan terjadinya bencana banjir dan longsor tersebut. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *