KABAR NASIONAL Kabar Parlemen

Bantuan Logistik Masih Minim, Bamsoet Minta Ini Ke Pemerintah

Pengungsi korban tsunami Selat Sunda di Panimbang, Kabupaten Pandeglang, Banten. (ANTARA FOTO/Muhammad Bagus Khoirunas/jh)

kabargolkar.com, JAKARTA – Bantuan logistik bagi belasan ribu lebih korban tsunami di Selat Sunda, khususnya di Kecamatan Sumur, Kabupaten Pandeglang, Provinsi Banten, masih minim. Hal ini dikarenakan sulitnya akses jlaan menuju lokasi tersebut akibat sejumlah ruas jalan rusak, serta korban bencana tsunami di Lampung masih membutuhkan bantuan obat-obatan karena para pengungsi mullai terserang penyakit.

Menyikapi hal tersebut, Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo mendorong Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar berkoordinasi sengan Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (BNPP) dan Polri agar memanfaatkan sarana helikopter yang dimiliki BNPP dan Polri guna membawa bantuan.

“Baik berupa logistik maupun obat-obatan yang dibutuhkan oleh warga terdampak tsunami ini,” ujar Bamsoet melalui rilis yang diterima kabargolkar.com, Rabu (26/12).
Selain itu, Bamoset juga meminta Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) bersama Kepolisian agar segera membuka akses jalan daerah yang terdampak tsunami.

“Biar semua jadi lancar dan mudah saat penyaluran bantuan melalui jarlu darat,” lanjutnya.

Menanggapi para pengungsi yang mulai terjangkit penyakit, politisi Partai Golkar Dapil Jawa Tengah VII ini juga mengimbau Kementerian Kesehatan (Kemenkes) dan Kementerian Sosial (Kemensos) menambah tenaga medis ke semua posko pengungsian, serta mengerahkaan mobil Puskesmas Keliling (Pusling) dan menambah stok persediaan obat yang dibutuhkan korban terdampak tsunami di Banten dan Lampung ini.

“Salurkan juga bantuan sosial dan dirikan dapur umum di posko-posko pengungsian itu,” tukasnya.

Kepada Basarnas, BNPP, BNPB, BPBD, dan Taruna Suaga Bencana (Tagana), Bamoset meminta ubtuk terus melakukan penyisiran dan pencarian terhadap sejumlah kemungkinan masih adanya korban yang belum ditemukan. “Juga bantu evakuasi warga,” tandasnya. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *