KABAR NASIONAL Kabar Parlemen Kabar Pemilu

Banyak Masyarakat Tak Tahu Pemilu Digelar April, Bamsoet Minta Ini ke KPU

kabargolkar.com, JAKARTA — Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI didorong untuk lebih gencar lagi dalam menyosialisasikan jadwal Pemilu Serentak 2019.

Hal tersebut diungkapkan Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) saat menanggapi hasil survei LSI Denny JA yang mencatat lebih dari 50 persen masyarakat Indonesia tidak mengetahui bahwa Pemilu akan dilaksanakan pada tanggal 17 April 2019 mendatang.

“Mendorong KPU untuk lebih gencar dalam mensosialisasikan kepada seluruh masyarakat Indonesia mengenai pelaksanaan Pemilu pada 17 April 2019 melalui media cetak, siber dan siaran,” ungkapnya dalam keterangan tertulis, Jakarta, Senin (25/2).

Bamsoet juga mengingatkan agar KPU tidak melupakan syarat-syarat bagi para pemilih. Sebab, hal tersebut penting supaya masyarakat bisa memberikan hak suaranya pada saat pelaksaan pemilu serentak nanti.

“Seperti membuat KTP-Elektronik (KTP-El) dan memastikan terdaftar dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT),” ujarnya.

Bamsoet juga meminta Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) untuk segera melakukan perekaman data terhadap masyarakat yang belum melakukan perekaman KTP-El.

Seperti diketahui, sebelumnya Peneliti LSI Denny JA, Adjie Alfarabi, menilai sosialisasi KPU RI ke warga negara pemilih soal waktu pencoblosan Pemilu 2019 kurang maksimal.

Sebab, berdasarkan data yang dicatat, hanya kurang dari 50 persen dari DPT yang mengetahui tanggal Pemilu Serentak 2019.

“Terkait kinerja KPU karena dalam beberapa survei dapil yang kita lakukan, hampir rata-rata di bawah 50 persen pemilih yang tahu pemilihan legislatif dan presiden dilaksanakan tanggal 17 April,” katanya di Restoran D’consulate, Jakarta Pusat, Sabtu (23/2). [akurat]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *