KABAR DPD Kabar Parlemen

Begal Kembali Marak di Samarinda, Ini Pesan Legislator Golkar Kaltim

Legislator Partai Golkar Kaltim, Rita Artaty Barito mengimbau masyarakat Kaltim harus selalu waspada terhadap aksi kejahatan jalanan yang belakangan ini kembali mencuat dan meresahkan. [foto: dok. FokusKaltim]

kabargolkar.com, SAMARINDA – Aksi begal merupakan tindakan kriminalitas yang dapat membahayakan siapapun, mengingat pelaku begal membuat sasaran atau target korban secara acak. Hingga kini, aksi begal masih kerap terjadi di sejumlah daerah, seperti di Samarinda, Kalimantan Timur (Kaltim).

Menyikapi hal tersebut, legislator Partai Golkar Kaltim, Rita Artaty Barito mengimbau masyarakat Kaltim harus selalu waspada terhadap aksi kejahatan jalanan yang belakangan ini kembali mencuat dan meresahkan.

Imabauan itu disampaikannya menyusul adanya aksi begal di kawasan Jalan KH Wahid Hasyim, Samarinda belum lama ini.

Seperti dilansir KoranKaltim, politisi perempuan Golkar Kaltim ini mengimbau agar masyarakat tetap waspada pada saat berkendara dengan tidak pergi sendirian ketika malam maupun pagi hari, terlebih dengan menggunakan perhiasan mencolok.

“Bagi pengendara bermotor, khususnya perempuan apabila membawa tas diusahakan untuk tidak digantung di lengan. Lebih baik diletakkan dalam jok motor. Kejahatan jalanan terjadi bukan karena ada niat dari pelaku, tapi terkadang juga karena ada kesempatan,” paparnya.

Dia mendorong aparat keamanan setempat bisa memberikan rasa aman dan nyaman dengan menggencarkan patroli rutin di sejumlah ruas jalan rawan kejahatan. Berdasarkan jumlah kasus, Januari 2019 terdapat sedikitnya lima kasus kejahatan jalanan.

Jika perlu, lanjut Rita, pihak berwenang melakukan pengawasan dengan memasang CCTV di beberapa tempat rawan kejahatan.

“Dengan begitu, kami yakin kasus begal di Samarinda akan menurun dan kemungkinan tidak akan terulang dan menimpa warga lain,” tandasnya. [KoranKaltim]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *