KABAR DPD Kabar Parlemen KABAR PILEG

Bersama Jamkrindo, Misbakhun Sosialisasikan UU Penjaminan di Hadapan Millenial NU

Mukhammad Misbakhun menggelar seminar dengan Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) dan Pengurus Anshor Kota Pasuruan, Sabtu (19/1). [foto: istimewa]

kabargolkar.com, PASURUAN – Sebagai langkah konkret terhadap kemajuan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di Pasuruan, Mukhammad Misbakhun mengajak Perusahaan Umum Jaminan Kredit Indonesia (Perum Jamkrindo) dan Pengurus Anshor Kota Pasuruan untuk memberikan seminar kepada masyarakat Pasuruan, Sabtu (19/1).

”UU Penjaminan menjadi payung hukum UMKM yang selama ini kesulitan mendapat akses kredit baik yang bersumber dari Perbankan maupun Non Perbankan. UU Penjaminan tentu juga semakin mendorong bisnis penjaminan Perum Jamkrindo,” jelas Misbakhun.

Diketahui, Mukhammad Misbakhun sangat peduli terhadap kemajuan UMKM dan menjadi inisiator lahirnya Undang-Undang (UU) Penjaminan yang lahir pada tahun 2014. Dengan adanya UU Penjaminan maka akan memberikan jaminan kepastian kepada lembaga pembiayaan, apabila terjadi risiko. UU inipun mengatur perizinan lembaga penjaminan, mekanisme penjaminan, hingga penyelesaian sengketa melalui lembaga alternatif.

“Sebagai anggota DPR, ini merupakan tugas saya untuk mengajak Jamkrindo ke Pasuruan, dan memberikan pemahaman terkait Penjaminan Kredit bagi pelaku UMKM,” ujar Anggota DPR RI Komisi XI tersebut.

Di tengah hujan lebat yang mengguyur Kota Pasuruan, Misbakhun optimis UMKM di Pasuruan dapat berkembang pesat jika diarahkan dan diberikan pemahaman tentang bagaimana mengajukan kredit yang benar dan sesuai dengan prosedur.

“UMKM itu merupakan tulang punggung perekonomian nasional dan terbukti tahan menghadapi krisis ekonomi. Jika para pelaku UMKM diarahkan dan diberikan pemahaman bagaimana mengajukan kredit yang benar, apalagi dijelaskan langsung oleh Jamkrindo, kan lebih puas masyarakat. Karena pengajuan Kredit UMKM sudah ada Undang-Undang Penjaminannya,” jelas Misbakhun.

Kepedulian Misbakhun terhadap para pelaku UMKM sangat tinggi, hal ini pun tidak terlepas profesi Misbakhun sebagai pengusaha yang dulu juga memulai bisnisnya dari Nol. Kini pun bisnis Misbakhun berkembang dan menjadi salah satu perusahaan besar di Pasuruan, tempat kelahirannya.

“Harapan saya, masa reses yang saya manfaatkan dengan menggandeng Jamkrindo bersama teman-teman Pengurus Anshor untuk memberikan pemahaman mengenai Penjaminan Kredit terhadap masyarakat di pasuruan, dapat memberikan pemantik semangat untuk berwirausaha, jangan takut untuk mengajukan kredit, jika saudara semua sudah memahami proses yang benar,” tutur legislator Golkar tersebut.

Bambang Suryo, selaku Pimpinan Jamkrindo Cabang Malang yang turut hadir dalam acara seminar tersebut mengapresiasi upaya Misbakhun untuk melakukan pendidikan Penjaminan Kredit UMKM yang dibalut dalam bentuk seminar nasional.

“Dengan adanya acara seminar seperti ini, masyarakat akan mendapatkan pemahaman dan pendidikan bahwa kini kredit untuk UMKM sudah ada Penjaminannya, dengan begitu diharapkan masyarakat yang bergelut di bidang UMKM tidak bingung dan takut lagi untuk melakukan kredit,” tutup Bambang Suryo. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *