KABAR NASIONAL

Bicara Soal Loyalitas, Akbar Tanjung: Hingga Akhir Hayat Akan Mengurus Golkar

Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar (1998-2004) Dr Akbar Tanjung mengaku tidak akan berhenti memperhatikan Partai Golkar hingga akhir hayatnya. [foto: istimewa]

kabargolkar.com, MAKASSAR – Ketua Umum Dewan Pimpinan Pusat (DPP) Partai Golkar (1998-2004) Dr Akbar Tanjung mengaku tidak akan berhenti memperhatikan Partai Golkar hingga akhir hayatnya.

Bahkan, Wakil Ketua Dewan Kehormatan Partai Golkar itu akan terus konsolidasikan partai berlambang pohon beringin itu dengan berbagai cara pada pemilihan umum (Pemilu) 2019.

Di usia yang sudah tidak muda lagi, bapak masih turun konsolidasikan Partai Golkar ke daerah-daerah. Mengapa? Sampai kapan pak?

“Saya akan terus berjuang untuk partai Golkar. Saya sebagai wakil ketua dewan kehormatan partai Golkar akan berkunjung ke seluruh provinsi di Indonesia untuk bersama-sama kader Golkar di masing-masing wilayah untuk menaikkan perolehan suara Golkar sesuai target yang ditetapkan DPP. Ini juga menjadi komitmen saya sebagai kader”

Bagaimana bapak melihat hasil survei oleh sejumlah lembaga survei yang menempatkan partai Golkar di bawah PDIP, Gerindra, dan PKB?

“Ya, itu juga membuat saya terpanggil turun konsolidasi adalah hasil survei. Saya juga sangat bersemangat untuk mencapai target kursi. Semangat itu juga saya sudah dua kali ke Makassar dan Insyaallah besok (kemarin) saya akan ke Palu, lalu kemudian ke Maluku Utara”

Berapa target perolehan kursi Partai Golkar di DPR RI?

“Saya sangat yakin partai Golkar mencapai target, untuk DPR RI 110 kursi. Pemilu 2014 Golkar memperoleh 91 kursi dan Pileg 2009 Golkar mendapat 106 kursi. Harus diketahui PDIP memperoleh 109 kursi DPR RI pada Pemilu 2014. Bilamana kita bisa memperoleh 110 kursi, maka kita akan menjadi pemenang Pemilu 2019. Bukan tidak mungkin kita tidak bisa mencapai itu, itu alasan saya turun ke semua provinsi, bahkan ke kabupaten/kota untuk memastikan target Partai Golkar 110 kursi tercapai”

Apa bapak mendorong Airlangga Hartarto sebagai Ketua Umum Golkar di Munaslub?

“Untuk diketahui saja partai Golkar sewaktu Airlangga terpilih sebagai ketua umum, saya termasuk orang mendorong beliau ikut aktif dalam partai Golkar sekaligus juga mendorong maju sebagai ketua umum dan terpilih sebagai ketua umum”

Ada pesan untuk bapak Airlangga Hartarto setelah terpilih?

“Dengan keterpilihannya itu, saya kemudian menitip pesan kepada Airlangga. Pesannya singkat saja, tugas anda, tugas adinda selaku ketua umum adalah menaikkan perolehan suara dan kursi partai di Pemilu 2019. Harus melebihi perolehan suara dan kursi pemilu sebelumnya, melebihi perolehan suara Pemilu 2014 dan melebih perolehan kursi 2009. Syukur-syukur Golkar kembali menjadi pemenang”

Bagaimana bapak melihat Golkar sekarang dengan era orde baru?

“Golkar hadir untuk mempertahankan, mengamankan, dan mengamalkan Pancasila. Ini harus dipahami semua kader golongan karya. Di era reformasi Golkar menghadapi tekanan yang begitu bertubi-tubi. Semua sikap orde baru ditumpuhkan ke Partai Golkar. Dimana kemudian saya terpilih sebagai ketua umum Golkar. Dalam kondisi tekanan bertubi-tubi, saya mampu atasi dan hadapi kekuatan anti orde baru. Jargon perjuangan partai adalah Golkar bangkit, harus mencapai kemenangan pada Pemilu 2019”

Bagaimana bapak melihat kaderisasi di parpol saat ini dibandingkan era orde baru?

“Kaderisasi partai sangat penting. Golkar tentu saya harapkan bisa meningkatkan program pengkaderan daripada partai yang akhir-akhir ini kurang begitu nampak. Karena itu menurut saya, saya perlu ingatkan kembali daripada program-program pengkaderan tadi. Saya berharap tetap dilanjutkan bahkan lebih ditingkatkan dimasa-masa mendatang, supaya Golkar betul-betul mimiliki kader kualitas cukup baik untuk dipersiapkan dalam pileg tahun 2024 nanti”.

Sumber: TribunMakassar

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *