KABAR KADER

Bicara Soal Startup dan Coworking Space, Yellonomics Akan Buat Diskusi

Empat startup asal Indonesia yang menyandang status unicorn (dari kiri ke kanan): Bukalapak, Gojek, Tokopedia dan Traveloka

kabargolkar.com – Dalam beberapa terakhir banyak sekali wirausaha bermunculan dilabeli istilah startup. Apa sebetulnya makhluk bernama startup itu? Apakah berbeda dengan wirausaha biasa?

Startup sebetulnya adalah wirausaha juga, tapi saat didirikan startup sudah memiliki visi agar bisnisnya membesar dan berkembang. Wirausaha pada umumnya didirikan tidak langsung didirikan untuk membesar dan berkembang.

Istilah startup lahir saat banyak perusahaan berbasis teknologi informasi tumbuh di Amerika Serikat pada akhir millenium kedua. Google dan Amazon adalah startup pada saat itu dan bertahan sampai sekarang.

Dengan motivasi utama agar bisnisnya berkembang, startup mungkin lebih sulit didirikan dan dijalankan dari wirausaha biasa. Namun karena tujuannya perkembangan bisnis, startup bisa berjalan tidak seperti wirausaha pada umumnya.

Karena didirikan untuk membesar dan berkembang, ada istilah khusus bagi startup yang nilai sudah mencapai 1 miliar dolar AS. Istilah khusus itu adalah unicorn. Di Indonesia startup yang sudah menyandang status unicorn adalah Tokopedia, Bukalapak, Traveloka dan Gojek.

Meski sedikit startup yang mencapai status unicorn, bukan berarti banyak startup yang gagal. Startup yang bagus bisa saja diakuisisi oleh perusahaan yang lebih besar.

Startup tidak melulu identik dengan teknologi informasi. Sebagai contoh WeWork, startup yang menyewakan coworking space dan OYO, startup di bidang perhotelan.

Apakah anda tertarik mendirikan startup?

Yellonomics Gelar Diskusi Tentang Coworking Space dan Startup

Melihat kian berkembangnya keberadaan coworking space dan kemunculan startup, sekumpulan anak muda yang berkecimpung dalam pengembangan bisnis generasi milenial yang tergabung dalam Yellonomics berkeinginan untuk membahas fenomena tersebut.

Bertempat di Freeware Coworking Space Kemang, Yellonomics akan menggelar kegiatan diskusi dengan tajuk “Coworking Space Dan Pengaruhnya Untuk Start Up”, pada Kamis, 18 Juli 2019, pukul 16.00 sampai dengan selesai. Pembicara yang dijadwalkan hadir dalam kegiatan tersebut yaitu Dito Ariotedjo, seorang pebisnis muda yang juga pemilik Coworking Space dan Herdi Sularko, profesional di bidang transformasi digital. Diskusi ini dibatasi hanya untuk 20 peserta saja.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *