KABAR KADER KABAR PILEG

Blusukan di Balikpapan, Pahlevi Pangerang Tawarkan Koperasi Jadi Solusi Pemasaran Hasil Pertanian Warga

Pahlevi Pangerang bersama warga RT 56 Kampung Buton Kelurahan Karang Joang Balikpapan Utara (ist)

kabargolkar.com, Balikpapan – Dalam rangka memperkenalkan diri, Pahlevi Pangerang Caleg DPR RI dari Partai Golkar untuk Daerah Pemilihan (Dapil) provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dengan nomor urut 2 (dua) melakukan kunjungan ke kampung-kampung di pinggiran Kota Balikpapan.

Beberapa tempat yang dikunjungi Pahlevi kemarin (23/10/2018) diantaranya di Kampung Buton RT. 56 Jl. Soekarno-Hatta Km. 16,5 Balikpapan Utara pada pukul 19.00 Wita. Acara silaturahmi ini dilaksanakan di kediaman La Puasa, dalam pertemuan dengan warga petani ini, Pahlevi yang didampingi tim pemenangannya ini banyak mendengarkan persoalan warga dalam hal ketersediaan pupuk dan jaminan harga penjualan hasil pertanian.

Di hadapan para petani yang sebagian besar kegiatannya adalah bercocok tanam singkong, Pahlevi mengajak para warga petani tersebut untuk membentuk sebuah koperasi unit desa (KUD) agar bisa mengatasi persoalan pupuk dan pemasaran hasil pertaniannya.

Pahlevi Pangerang, yang juga Ketua PUSKUD Kaltim ini menjelaskan, melalui KUD inilah warga tani dapat melakukan aktivitas simpan pinjam, pemasaran, layanan jasa, kegiatan konsumsi maupun produksi hasil usaha. KUD bisa diibaratkan wadah organisasi ekonomi sosial kemasyarakatan.

“KUD dibentuk, diselenggarakan, dan dibuat untuk warga petani, tujuannya adalah menjamin kebutuhan dan kesejahteraan masyarakat tetap terpenuhi. Koperasi, adalah suatu gerakan ekonomi rakyat yang berbasis kerakyatan dan kekeluargaan,” papar Pahlevi.

Temui dan serahkan cenderamata bagi warga pertama penghuni Kampung Buton

Pahlevi Pangerang menyerahkan cinderamata kepada Amadya, salah seorang warga yang pertama menghuni Kampung Buton di Km. 16,5 ini. (ist)

Masih dalam pertemuan di kediaman La Puasa ini, Pahlevi juga menyerahkan cinderamata kepada Amadya, ia adalah seorang warga yang pertama menghuni lokasi Kampung Buton di Km. 16,5 ini.

Kunjungi Kampung Banyumas

Pahlevi Pangerang silaturahmi bersama warga RT 32 Kampung Kampung Banyumas, Kelurahan Karang Joang, Balikpapan Utara. (ist)

Usai pertemuan silaturahmi dengan warga Kampung Buton di RT. 56 ini, Pahlevi beserta tim pemenangan bergerak menuju Kampung Banyumas di Km. 15 Jl. Soekarno-Hata, tepatnya di RT. 32 pada pukul 20.30 Wita.

Di Kampung Banyumas pertemuan dilaksanakan di kediaman Mas Topo, ia adalah salah seorang tokoh masyarakat di kampung tersebut. Dalam pertemuan yang berlangsung akrab, warga yang umumnya bertani dan tambak lele ini juga mengeluhkan persoalan ketersediaan pupuk dan penjualan hasil pertanian.

Dan di Kampung Banyumas ini, Pahlevi juga mengajak para warga untuk membentuk sebuah wadah, yakni koperasi, agar dapat meningkatkan hasil pertanian dan memasarkannya. (kontributor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *