KABAR KADER

Bupati CEP: Keberhasilan Pasar Tradisional adalah Jerih Payah Masyarakat Minsel Sendiri

kabargolkar.com, TANGERANG – Enam ratus dari 4.200 pasar rakyat di Indonesia, diresmikan. Beberapa di antaranya, ada di Kabupaten Minahasa Selatan (Minsel). Ratusan pasar itu diresmikan Presiden Joko Widodo (Jokowi) pada Selasa (12/3/2019), di ICE BSD, Tanggerang Banten.

Peresmian pasar itu dilakukan Jokowi setelah pembangunan ribuan pasar rakyat itu, rampung. Nama program pemerintah itu yakni, Program Pembangunan dan Revitalisasi Pasar Rakyat.

Sebagai salah satu kepala daerah yang menyukseskan program Jokowi itu, Bupati Minsel Christiany Eugenia Paruntu (CEP), juga ikut diundang. “Minsel adalah salah satu daerah yang telah sukses membangun dan merevitalisasi pasar rakyat. Jadi, Kementerian Perdagangan ikut mengundang bupati untuk menghadiri acara peresmian pasar oleh Presiden Jokowi,” ungkap Altin Sualang, Kepala Bagian Humas dan Protokol, Pemkab Minsel, Rabu (13/3/2019).

Sementara itu, Bupati Minsel, Christiany Paruntu, ketika dimintai tanggapan soal peresmian pasar itu mengatakan, Minsel telah berhasil melakukan pembangunan beberapa pasar. “Saya sangat bersyukur, karena Minsel telah memiliki beberapa pasar tradisional yang dibangun dengan gaya moderen. Artinya, kita sudah ketambahan pusat aktivitas perekonomian. Keberhasilan pembangunan pasar itu adalah keberhasilan rakyat Minsel sendiri,” kata CEP, sapaan akrabnya.

Di Tahun 2018 saja, kata CEP, ada tiga pasar besar yang berhasil dibangun. Anggarannya pun mencapai belasan miliar rupiah. “Saat ini, pasar rakyat yang sudah dibangun, di antaranya di Raanan, Poopo, Poigar, Tareran dan beberapa pasar yang telah dibangun sebelumnya, sudah bisa dimanfaatkan oleh pedàgang dan pembeli. Ini merupakan kemajuan yang membanggakan,” imbuh Ibunda dari Adrian Paruntu itu.

Di tempat terpisah, Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Minsel, Adrian Sumuweng mengatakan, Tahun 2019, Minsel kembali mendapatkan anggaran untuk merevitalisasi dan membangun pasar baru. “Puji Tuhan, berkat kerja keras dan perjuangan ibu Bupati di pemerintah pusat, Minsel kembali mendapatkan anggaran miliaran rupiah untuk membangun pasar,” ungkap Sumuweng, yang juga ikut mendampingi Bupati Minsel pada kegiatan peresmian pasar oleh Jokowi itu.

Jokowi dalam sambutannya, memberikan apresiasi kepada Kementerian Perdagangan (Kemendag), serta para kepala daerah yang telah menyukseskan program tersebut. “Saya ingin berikan apresiasi kepada Kemendag telah terbangun 4.200 pasar di seluruh tanah air sampai dengan 2018,” ujar Jokowi di acara Peresmian Pasar Rakyat, tersebut.

“Artinya ‎perhatian kita pada pasar itu dalam tahun ini betul-betul konsentrasi perbaiki fisik dana manajemen,” ‎imbuhnya. (jurnal6)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *