KABAR NASIONAL

Burhanuddin Muhtadi: Jokowi Membutuhkan Golkar

Pengamat politik Burhanuddin Muhtadi (kedua dari kanan) dalam sebuah diskusi di Jakarta, Minggu (7/7/2019)

kabargolkar.com – Suka tidak suka Presiden Joko Widodo (Jokowi) disinyalir akan tetap membutuhkan partai golkar akan sebagai sebagai roda kesuksesan periode kedua pemerintahannya.

Demikian pernyataan yang mengemuka dari pengamat politik Burhanuddin Muhtadi dalam Diskusi Publik “Dinamika Partai Golkar Memanas Jelang Suksesi” yang berlangsung di Jakarta pada Minggu (7/7/2019).

Tradisi Golkar adalah mendekat dan menjadi bagian dari kekuasaan sudah alamiah, sehingga hubungannya bukan lagi sebagai partai oposan terhadap pemerintah. Apalagi jauh-jauh hari sebelum kontestasi pilpres Golkar sudah mengusung Jokowi sebagai capres.

“Ini yang menarik kalau saya balik ke belakang di 2014 dan 2009, seluruh capres yang mereka usung kalah, Pak Jusuf Kalla begitu juga Pak Prabowo. Sementara di 2019 kemarin yang baru selesai, sangat luar biasa calon yang diusungnya keluar sebagai pemenang. Di sinilah kebutuhan Jokowi kepada Golkar,” ujar Burhanuddin.

Kemungkinan lainnya ialah simbiosis antara Jokowi dengan Golkar. Tidak mungkin potensi Golkar disia-siakan Jokowi karena Golkar adalah kekuatan politik yang dikenal baik dalam pemerintah dan parlemen.

“Catatan selanjutnya dari kebutuhan satu sama lainnya atau simbiosis antara kader-kader Golkar yang ada di pemerintahan dengan Jokowi. Banyak kontribusi Golkar di parlemen dan pemerintah yang berpengaruh positif kepada pemerintahan Jokowi. Dengan demikian bisa jadi calon pemimpin Golkar akan menjadi perhatian Jokowi,” tambah Burhanuddin.

Dinamika Golkar setalah berhasil memenangkan Jokowi di Pilpres 2019 semakin berwarna, baik dari persiapan Munas maupun pengajuan kader-kader Golkar yang akan mengisi pemerintahan Jokowi dan Ma’ruf Amin.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *