KABAR NASIONAL Kabar Parlemen

Doni Monardo Jadi Ketua BNPB, Ini Pesan Ketua DPR

Ketua Badan Nasional Penanggulangan bencana (BNPB) Letjen Doni Monardo. [foto: detik]

kabargolkar.com, JAKARTA – Ketua DPR RI, Bambang Soesatyo (Bamsoet) menyampaikan selamat kepada Ketua Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) yang sebelumnya dipimpin Laksamana Dua (Laksda) (Purn) TNI Willem Rampangilei dan digantikan Letnan Jenderal (Letjen) Doni Monardo.

Melalui rilis yang diterima kabargolkar, Bamsoet berharap dengan kepemimpinan yang baru BNPB dapat memberikan reaksi cepat dan tanggap terhadap kejadian bencana alam, sehingga dapat meminimalisir risiko bencana.

“Tingkatkan kerjasama dengan pakar guna membuat kajian dan analisa dalam menerapkan model mitigasi (rangkaian upaya untuk mengurangi risiko bencana) yang tepat untuk setiap daerah, mengingat Indonesia berada di ring of fire dan patahan lempeng serta banyaknya gunung api yang aktif,” ujar politisi Partai Golkar itu.

Selain itu, Anggota DPR RI Fraksi Golkar Dapil Jateng VII ini mendorong BNPB untuk berkoordinasi dengan kementerian dan lembaga terhadap wacana memasukkan pendidikan kebencanaan ke kurikulum di sekolah dan berbagai pelatihan penyelamatan.

“Saya rasa ini perlu dilakukan sebagai bentuk upaya meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia (SDM) dalam menghadapi risiko jika terjadi bencana,” pungkasnya. [*]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *