DPP KABAR DPD KABAR NASIONAL Kabar Pemilu

DPP Golkar Mulai Bahas Perekrutan Saksi Pemilu 2019

Ilustrasi penghitungan suara di Pemilu. [foto: dok. CNN Indonesia]

kabargolkar.com, JAKARTA РPartai Golkar mulai membahas perekrutan saksi di Pemilihan Umum (Pemilu) 2019.

Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Golkar Riau, Rizaldy AM Abrus mengatakan, partainya mulai membahas untuk persiapan perekrutan saksi yang disiapkan pada Pemilu 2019 mendatang.

Seluruh perwakilan DPD Golkar dikumpulkan di Jakarta, Rabu (30/1) untuk membahas secara teknis perekrutan dan sistem kerja saksi dan tentunya juga pelatihan terhadap saksi nantinya.

“Sekarang sedang di Jakarta bahas saksi untuk pemilu nanti,” kata Rizaldy.

Rizaldy mengatakan dalam mekanisme nya saksi yang dibolehkan hanya satu orang satu partai yang akan masuk dalam areal Tempat Pemungutan Suara pada hari pencoblosan.

“Jadi satu orang yang akan ditunjuk itu mewakili seluruh jenjang, mulai dari DPRD Kabupaten/Kota, DPRD Provinsi dan DPR RI,” terang Rizaldy.

Sedangkan saksi untuk masing-masing Caleg tidak ada celah untuk masuk pada TPS, Jikapun tetap ingin menunjuk saksi maka akan berada di luar areal TPS.

“Kalau saksi Caleg kan tidak ada, semuanya partai, kalaupun Caleg bersangkutan menunjuk sendiri, saya rasa di luar saja,” ujar Rizaldy.

Caleg yang ditunjuk ini nantinya akan mendapatkan Pembekalan sebelum bertugas di TPS, pelatihan ini langsung diberikan Komisi Pemilihan Umum dan tentunya partai yang bersangkutan.

“Saksi ini sangat penting perannya, karena bertugas mengawal suara ditingkat pemungutan suara, “jelas Rizaldy. [TribunPekanbaru]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *