Kabar Parlemen

DPR Dorong Kemendikbud Buat Roadmap Kinerja

ilustrasi: rapat paripurna DPR. (merdeka.com/muhammad luthfi rahman)

kabargolkar.com, JAKARTA – Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI mendorong Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) membuat roadmap kinerja lebih efektif. Hal terkait dengan rencana pemangkasan anggaran pendidikan dalam Rancangan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (RAPBN) 2020. Besarnya pemangkasan tersebut hampir Rp 1 triliun dari jumlah anggaran tahun sebelumnya.

“Sebagai dasar dalam pembuatan kebijakan untuk pendidikan nasional, sehingga anggaran-anggaran untuk pendidikan dapat memiliki roadmap yang jelas dan pengalokasian yang tepat sasaran,” ungkap Ketua DPR RI Bambang Soesatyo (Bamsoet), dalam keterangan tertulis yang diterima kabargolkar.com, Rabu, 17 Juli 2019.

Sosok yang akrab dipanggil Bamsoet ini menambahkan bahwa DPR mendorong Kemendikbud untuk dapat memfokuskan penggunaan anggaran untuk pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM). Hal tersebut sesuai dengan arah pembangunan Presiden Republik Indonesia.

Contoh pembangunan Sumber Daya Manusia (SDM) diantaranya yaitu mengadakan pelatihan-pelatihan bagi guru, terutama di tahun 2020.

“Agar didapat guru dengan keahlian khusus dan memiliki latar belakang pendidikan yang jelas, serta mampu beradaptasi dengan kemajuan teknologi maupun dengan suasana global yang semakin dinamis,” lanjut Bamsoet.

Politisi Partai Golkar ini juga mengatakan bahwa DPR perlu turut mendorong Pemerintah untuk memperbaiki koordinasi dan sinkronisasi antar para pemangku kepentingan. Hal ini penting untuk menghindari tumpang tindih kewenangan antar kementerian dan lembaga. Terutama terkait kurikulum pendidikan dan tata kelola guru. (kabargolkar)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *