KABAR GOLKAR

DPR Minta KPU Tindak Lanjuti Isu DPT Ganda

Ketua DPR-RI Bambang Soesatyo

Kabargolkar – 131.366 data pemilih ganda dalam Daftar Pemilih Tetap (DPT) ditemukannya  di 76 kabupaten dan kota. Potensi adanya data pemilih ganda sendiri dapat mencapai 1,3 juta, berdasarkan analisis terhadap data DPT yang telah ditetapkan dari 34 provinsi oleh KPU pada 5 September 2018,

Terkait isu tersebut, Ketua DPR Bambang Soesatyo mendorong Komisi II DPR yang membidangi masalah politik dalam negeri dan pemilihan umum untuk meminta KPU segera melakukan verifikasi terhadap temuan data pemilih ganda tersebut.

“Saya mendorong Komisi II meminta Komisi Pemilihan Umum (KPU) untuk segera melakukan verifikasi terhadap temuan data pemilih ganda dalam DPT, dan menginformasikan hasil verifikasi tersebut kepada masyarakat agar tidak menimbulkan keresahan dan tidak adanya penyalahgunaan hak pilih,” demikian tegas Wakil Ketua Koordinator Bidang Pratama DPP Partai Golkar tersebut.

Bamsoet, panggilan akrabnya, juga mendorong Komisi II untuk meminta KPU untuk lebih memperhatikan hasil sensus dari lembaga berwenang, untuk dibandingkan dengan DPT, hal ini perlu dilakukan mengingat hasil sensus belum tentu valid.

“Hasil sensus belum tentu valid karena seiring berjalannya waktu kemungkinan ada warga yang meninggal dunia atau yang usianya telah memasuki usia wajib pilih, sehingga perlu adanya pemutakhiran data pemilih agar tidak terjadi kecurangan dalam pelaksanaan pemilu,” demikian ucap politisi asal Jawa Tengah tersebut.[Redaksi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *