Kabar Parlemen

DPR Minta Pemerintah Sigap Tanggulangi Kebakaran Hutan Jawa Tengah

Ratusan hektar kawasan hutan gunung Sumbing di petak 20 Resor Pemangku Hutan (RPH) Kecepit terbakar sejak Senin (10/9) sore, kencangnya tiupan angin membuat api cepat menjalar ke bagian timur gunung. ANTARA FOTO/Anis Efizudin.

Kabargolkar –¬†Kebakaran hutan melanda tiga gunung di Jawa Tengah, yaitu Gunung Sindoro, Gunung Sumbing, dan Gunung Lawu, akibatnya ratusan hektar hutan hangus dan jalur pendakian di tiga gunung tersebut ditutup sejak Selasa (11/9/2018).

Terkait bencana kebakaran tersebut, Ketua DPR Bambang Soesatyo mendorong Komisi IV DPR yang membidangi pertanian dan kehutanan meminta Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan (KLHK) melalui Satgas Kebakaran Hutan dan Lahan (Karhutla) untuk segera melakukan pemadaman pada lahan yang terbakar dan segera melokalisir titik api.

“Satgas Karhutla yang terdiri dari Manggala Agni, TNI, Kepolisian, dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) untuk segera lakukan pemadaman pada lahan yang terbakar, guna mencegah perluasan wilayah hutan yang terbakar, salah satunya dengan mengupayakan pemadaman menggunakan water bombing, mengingat banyak area gunung yang sulit dijangkau,” demikian pernyataan Bamsoet, panggilan akrabnya.

Legislator Golkar asal Jawa Tengah ini juga mendorong Komisi V DPR dan Komisi VII DPR meminta Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) bersama Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) melakukan modifikasi cuaca dengan membuat hujan buatan.

“BMKG dan BPPT hendaknya segera lakukan modifikasi cuaca untuk membuat hujan buatan, sebagai upaya untuk mempercepat penanggulangan kebakaran hutan dan penyebaran titik api,” usul Bamsoet.

Wakil Ketua Koordinator Bidang Pratama DPP Partai Golkar tersebut mengimbau warga di sekitar gunung dan para pendaki gunung untuk tidak membakar hutan dan lahan secara sengaja atau membuang puntung rokok sembarangan.

“Taati dan ikuti arahan dari petugas penjaga hutan untuk menghindari adanya korban jiwa,” demikian Bamsoet menutup pernyataannya.[Redaksi]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *