KABAR GOLKAR KABAR PILPRES

Dua Survei Terakhir Lampu Kuning Buat Jokowi, Golkar Sigap Ambil Langkah Ini

jokowi

Dua pasangan calon presiden dan wakil presiden Prabowo Subianto-Sandiaga Uno dan Joko Widodo-Maruf Amin saat acara pengambilan nomor urut di Kantor KPU Jakarta, Jumat (21/9/2018).(kompas.com/Kristianto Purnomo)

kabargolkar.com Kontestasi Pemilihan Presiden (Pilpres) 2019 mempertemukan dua calon yang saling beradu kuat kian panas. Baik pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin maupun Prabowo-Sandiaga Uno saling melakukan gerakan dan kampanye untuk menarik simpati masyarakat.

Survei yang mengukur elektabilitas masing-masing pasangan calon juga gencar dipublikasikan. Sejauh ini, berdasarkan hasil survei, pasangan Jokowi-Ma’ruf Amin masih terlihat unggul. Namun, ada dua survei yang cukup mengganggu. Dikatakan mengganggu, karena memberikan hasil yang menunjukkan kecenderungan pelemahan elektabilitas paslon bernomor 01.

Survei Median

Pertama terkait survei yang dirilis oleh lembaga survei Median. Pada Selasa (27/11/2018) lembaga ini merilis survei terkait elektabilitas pasangan capres-cawapres di Pilpres 2019. Hasilnya, Joko Widodo-Ma’ruf Amin unggul. Pasangan 01 ini unggul dari 02 dengan selisih 12,2 persen. Jokowi-Ma’ruf 47,7 persen, Prabowo-Sandiaga 35,5 persen. Sementara, pemilih yang masih belum menetapkan pilihan atau undecided voters sebanyak 16,8 persen.

Berdasarkan survei ini, Jokowi unggul sementara, tapi posisinya di bawah 50 persen. Hal ini mengindikasikan, sebagai petahana, posisi Jokowi belum aman. Sementara pasangan Prabowo-Sandiaga masih tertinggal. Tapi dengan catatan jarak bisa dikejar karena selisih hanya 12,2 persen. Hal lain yang terungkap adalah keunggulan pasangan 02 di media sosial.

jokowi

Direktur Eksekutif Median, Rico Marbun, saat menyampaikan hasil survei Pilpres 2019 (Foto: Zunita Amalia Putri/detikcom)

Walaupun ditengarai pemilik lembaga survei ini memiliki afiliasi ataupun hubungan emosional dengan pasangan Prabowo-Sandiaga Uno ataupun partai yang mendukung pasangan 02, tetap saja, hasil survei ini patut menjadi perhatian.

Survei PARA Syndicate

Survei berikutnya yang patut menjadi perhatian adalah hasil yang dirilis oleh PARA Syndicate pada Jumat (14/12/2018). Rilis ini merupakan hasil analisis lembaga kajian Para Syndicate terkait tren elektabilitas kedua pasangan calon presiden dan wakil presiden di Pilpres 2019 diambil dari 12 lembaga survei. Dari hasil analisis tersebut, menunjukkan elektabilitas pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 01 Jokowi-Ma’ruf mengalami penurunan. Sementara di waktu yang sama, pasangan Capres dan Cawapres nomor urut 02 Prabowo-Sandiaga Uno, mengalami mengalami kenaikan.

jokowi

Pasangan Capres dan Cawapres, Joko Widodo dan Maruf Amin (21/9/2018). (kompas.com/Kristianto Purnomo) 

Menurut PARA Syndicate, pergerakan elektabilitas Jokowi-Ma’ruf Amin dari bulan Agustus sampai November secara umum trennya mengalami penurunan. Hal lain yang perlu jadi catatan adalah terkait pemilih yang belum menentukan pilihan atau undecided voters, Menurut PARA Syndicate,tren pemilih yang belum menentukan pilihannya juga mengalami kenaikan. Hal ini merupakan sebuah fenomena yang patut jadi perhatian. Keraguan justru muncul pada sejumlah pemilih yang tadinya sudah punya keyakinan akan pilihannya.

 

selanjutnya: Bantahan TKN Jokowi

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *