KABAR NASIONAL

Dukung Prabowo, Golkar Copot Erwin Aksa dari Kepengurusan Partai

Erwin Aksa pada suatu kegiatan Kadin Indonesia. (Instagram/kadin.indonesia.official)

kabargolkar.com, JAKARTA – Menyusul rilis yang dikeluarkan oleh Erwin Aksa pada Selasa (19/3)pagi tadi, dan juga perkembangan terkini Golkar mengambil langkah cepat. Partai Golkar mencopot Erwin Aksa dari jabatannya sebagai Ketua DPP Parta Golkar Bidang Koperasi dan UKM.

Langkah tersebut diambil Partai Golkar untuk menyikapi salah satu pengurus, Erwin Aksa, yang secara nyata mendukung Prabowo Subianto-Sandiaga Uno di Pilpres 2019. Pada debat Cawapres Minggu (17/3) lalu, secara terang-terangan Erwin Aksa berada di barisan pendukung paslon 02. Partai Golkar memutuskan mencopot Erwin dari jabatan struktural di kepengurusan.


baca: Erwin Aksa Dukung 02, Ini Alasannya


Keputusan DPP Partai Golkar terkait hal tersebut dibacakan oleh Ketua DPP Golkar Ace Hasan Syadzily. “Kami infokan, bahwa DPP Partai Golkar telah mengambil keputusan. Yaitu pemberhentian saudara Erwin Aksa dari posisi di DPP Golkar sebagai Ketua Bidang Koperasi dan UKM,” demikian ujarnya. Ace Hasan Syadzily membacakan amanat Ketum Golkar Airlangga Hartarto di DPP Golkar, Jalan Anggrek Neli, Kemanggisan, Jakarta Barat, pada Selasa (19/3/2019).

Lebih lanjut Ace mengungkapkan bahwa keputusan pemberhentian ini dilakukan terkait dua hal. Pertama, untuk menjaga marwah Partai Golkar. Kedua, melaksanakan amanat Munaslub Golkar yang secara jelas mendukung pencalonan Joko Widodo-Ma’ruf Amin di Pilpres 2019. Keputusan Erwin Aksa yang mendukung pasangan 02, secara jelas bertentangan dengan amanat Munaslub Partai Golkar.

Erwin Aksa pun telah secara terbuka menyatakan dukungannya terhadap paslon 02 yang jelas bertentangan dengan langkah Partai Golkar.  “Sebagaimana yang tersebar di berbagai media, Saudara Erwin telah menyatakan sikap terbuka mendukung capres-cawapres 02. Hal ini tentu bertentangan dengan amanat tertinggi forum pengambilan keputusan di Partai Golkar,” imbuh Ace.

Keputusan pemberhentian Erwin Aksa berlaku sejak hari ini, Selasa, 19 Maret 2019.

Sebagai pengganti Erwin Aksa, Ketua Bidang Koperasi dan UKM akan diisi oleh Andi Lukman. Sebagai informasi, Andi adalah kader Golkar yang saat ini maju sebagai calon legislatif DPR RI Dapil Jakarta Utara.

Lalu, apakah Erwin Aksa lantas diberhentikan sebagai kader Golkar? Menanggapi pertanyaan tersebut, Ace menegaskan bahwa proses tersebut harus melalui pembahasan Majelis Etik untuk kemudian dilakukan kebijakan organisasi. Sementara, untuk pemberhentian, harus melalui Badan Musyawarah Nasional Golkar. Untuk saat ini, penggantian personel hanya untuk mengisi jabatan lowong akibat pencopotan Erwin Aksa. (tim liputan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *