KABAR NASIONAL

Empat Bekal Ini Perkuat Caleg Golkar Menangkan Pemilihan Legislatif

kabargolkar.com

Yahya Zaini, Sekretaris Bappilu Partai Golkar. (kabargolkar.com)

kabargolkar.com, JAKARTA – Partai Golkar menyadari kekuatan memenangkan Pemilu 2019 salah satunya berada di pundak para calon legislatif. Para caleg ini adalah ujung tombak bagi Partai Golkar guna memenangkan 110 kursi legislatif tingkat nasional.

Data hasil Pemilu 2014 lalu memperlihatkan kekuatan para caleg Golkar. Menurut data tersebut, sebanyak 60-70 persen suara Partai Golkar berasal dari caleg. Sedangkan 30-40 persen berasal dari partai politik.

kabargolkar.com

kabargolkar.com

Menyadari betul kekuatan para calegnya, Partai Golkar pun memberikan pembekalan guna memperkuat dan meningkatkan kualitas mereka. Setidaknya, ada empat hal yang menjadi pembekalan bagi para caleg Partai Golkar ini.

Orientasi fungsionaris

Sebelum para caleg diturunkan ke daerah pemilihannya masing-masing, Partai Golkar menyelenggarakan Orientasi Fungsionaris. Hal ini dilakukan sebelum penetapan nomor urut.

Melalui kegiatan ini, Partai Golkar  mensosialisasikan kebijakan-kebijakan partai. Mulai dari konsolidasi kelembagaan, perkaderan partai, konsolidasi keanggotaan, pencitraan partai serta pelaksanaan tugas-tugas pemenangan Pemilu. Di sini, Golkar membeberkan kebijakan target dan teknis pelaksanaan tugas untuk memenangkan Partai Golkar secara kolektif.

Pelepasan caleg

Kemudian, setelah ada nomor urut, Partai Golkar melakukan kegiatan pelepasan caleg. Kegiatan ini dilakukan di seluruh Indonesia. Mulai dari tingkat nasional, tingkat provinsi, sampai dengan tingkat kabupaten/kota. Tiap pengurus, mulai pusat sampai daerah melepas para caleg di wilayahnya masing-masing.

Membentuk Bappilu

Berikutnya, Partai Golkar sudah membentuk Bappilu, atau Badan Pemenangan Pemilu. Bappilu Golkar ini sudah berdiri dan bekerja sejak jauh-jauh hari. Di tiap tingkatan, mulai dari pusat sampai ke tingkat kabupaten/kota. Salah satu hal yang dilakukan Bappilu adalah mengawal kegiatan para caleg di masing-masing daerah pemilihannya.

Strategi baru

Tidak cukup dengan tiga langkah tersebut, Partai Golkar terus berinovasi menerapkan strategi baru guna memantapkan pemenangan Pemilu 2019. Salah satunya melalui penerapan micro targeting,  dan pemanfaatan big data. Ini juga dalam rangka mengawal para caleg di lapangan supaya lebih terukur, lebih masif, dan tepat sasaran.


Simak juga percakapan terkait persiapan Golkar menuju Pemilu serentak 2019 melalui kanal youtube Kabar Golkar.

(kabargolkar

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *