KABAR DPD

Festival Seni Budaya Melayu ke-12 Kalbar Resmi Ditutup, Ria Norsan Beri Pesan Ini

Wakil Gubernur Kalbar Ria Norsan saat menghadiri penutupan FSBM XII Kalbar di lapangan sepak bola EJ Lantu Sekadau Hilir, Sabtu (10/11) malam. (tribunpontianak/Rivaldi Ade Musliadi)

kabargolkar.com, SEKADAU – Wakil Gubernur Kalbar, Ria Norsan mengatakan, Kalimantan Barat memiliki banyak adat dan budaya yang beragam. Untuk itu, ia mengatakan, tidak ada pembeda dalam pengembangan budaya yang ada di Kalimantan Barat.

“Jadikan perbedaan yang ada sebagai perekat untuk persatuan dan kesatuan dalam bingkai NKRI. Kalau kita sudah bersatu Insya Allah, kita punya kekuatan untuk membangun Kalbar,” ujarnya dalam kegiatan penutupan FSBM XII Kalbar di lapangan sepak bola EJ Lantu Sekadau Hilir, Sabtu (10/11) malam.

Selain itu, ia juga mengapresiasi pelaksanaan FSBM XII Kalbar di Kabupaten Sekadau yang dinilainya berlangsung sukses. Hal ini sebagai langkah-langkah dalam memajukan kebudayaan di Kalbar agar nilai-nilai budaya positif tidak luntur oleh perkembangan zaman seperti teknologi informasi.

“Budaya kearifan lokal yang ada di Kalimantan Barat perlu dikembangkan,” katanya.

Norsan menambahkan, tujuan dari pemajuan kebudayaan untuk mengembangkan nilai-nilai luhur budaya bangsa, memperkaya beragam budaya, memperteguh jati diri bangsa dan memperteguh persatuan dan kesatuan bangsa. Norsan mengatakan, budaya yang dikembangkan juga bertujuan menarik turis.

“Tapi itu harus disesuaikan dengan budaya, etika dan moral di Kalbar. Jangan sampai budaya-budaya itu tidak sesuai dengan nilai-nilai dasar Pancasila,” tukasnya. (tribun)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *