KABAR KADER

Gelar Nonton Bareng Film G30S/PKI, Pentingnya Kader Golkar Dan Masyarakat Sebagai Benteng Pancasila

Wirendra Tjakrawerdaja calon legislatif Golkar no.3 Dapil Jateng VIII. saat sosialisasi dengan Masyarakat Cilacap. (Photo/Istimewa)

Kabargolkar.com, Cilacap – Gerakan 30 September 1965 Partai Komunis Indonesia atau G 30 S/PKI, adalah sejarah kelam bagi bangsa Indonesia. Aksi penculikan disertai pembunuhan 6 Jenderal TNI AD ditambah 1 perwira menengah TNI terjadi. Dan itu mengawali perjalanan panjang sejarah Indonesia antara lain PKI dibubarkan dan ditetapkan sebagai organisasi terlarang dan munculnya era orde baru.

Tema G 30 S/PKI adalah tema cerita yang tidak akan pernah berhenti dikisahkan karena pasti akan bertemu selalu meberikan gambaran kepada masyarakat bahwa gerakan seperti yang dilakukan oleh DN Aidit dan barisannya tersebut akan berbahanya sekali kalau tidak segera ditumpas, khususnya mereka yang menjadi bagian korban dari pengkhianatan itu.

Partai Golkar  sebagai penjaga sekaligus benteng Pancasila yang mempunyai persinggungan dalam sejarah ataupun riwayat yang kelam dengan PKI, tentunya sentiasa memberikan cara cara penangkal supaya peristiwa yang terjadi pada malam 30 september hingga 1 oktober dini hari 1965 itu tidak terulang.

Salah satu cara dan pengingat bagi Golkar untuk menjaga roh Pancasila ini tetap kuat, adalah dengan melakukan kerja budaya, salah satunya seperti yang diinisiasi oleh kader Golkar sekaligus calon legislatif (Caleg) DPR RI Daerah Pemilihan (Dapil) Jawa Tengah VIII nomer urut Tiga, yaitu Wirendra Tjakrawerdaja S.T.

Bertempat di Aula kantor Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Golkar Kabupaten Cilacap, acara Nobar Film Pengkhianatan Gerakan 3O September 1965 atau G30S/PKI, Caleg Golkar yang pernah mengenyam pendidikan tinggi di Institut teknik terkemuka ini, bersama dengan sejumlah masyarakat dan beberapa lapisan organisasi kemasyarakatan menikmati alur cerita dalam pemutaran Film tersebut pada pukul 19.30 wib, sabtu malam. (29/9/2018)

Suasana sesudah nobar film G30S/PKI dan persiapan menuju sesi diskusi dengan masyarakat umum di kantor dpd golkar cilacap. (Photo/istimewa)

Ditemui saat berakhirnya nobar, Tommy sapaan akrabnya, mengatakan sekaligus memberikan wejangan kepada masyarakat untuk senantiasa bersama sama menjaga Pancasila. Kejadian pemberontakan serta pengkhiatan kepada negara dan pedomannya itu yang dilakukan oleh gerombolan PKI, adalah peringatan kepada kita semua agar menjadi pelindung sekaligus Benteng Pancasila.

” Saya sangat bersyukur dan berterimakasih kepada elemen elemen masyarakat yang hadir pada kesempatan Nobar Film G30S/PKI kali ini, tadi beberapa pertanyaan datang ditunjukan ke saya tentang relevansi bahaya PKI dan perlunya Menjaga kedaulatan negara, saya hanya berpesan dan selalu mengingatkan bahwa kita adalah Benteng Pancasila.” Ujar Wirendra di depan kurang lebih 200 an masyarakat yang berpartisiapasi dalam acara Nobar.

Mengenai kapasitasnya sebagai kader Golkar dan juga caleg yang disusung oleh Partainya tersebut, Wirendra Tjakrawerdaja tidak akan melihat peristiwa gerakan G30S/PKI ini sebagai wacana maupun polemik. Menurutnya, saat ini moto partai adalah Suara Rakyat Suara Golkar, instruksi pun sudah jelas dari atas, bahwasannya kader harus turun ke bawah dan berbaur dengan Masyarakat.

” Sebagai Kader, tentu saya akan jaga amanah untuk bisa berbaur dan bersama sama masyarakat, Golkar itu adalah Partai yang menjadi Benteng kekuatan Pancasila tetap abadi hingga kini, saat adanya rongrongan dari PKI yang akan merusak tatanan kenegaraan dan ideologinya, kader Golkar bersama rakyat berbaur menjadi simbol kekuatan pancasila dan menggagalkan upaya pengkhianatan PKI.” Tutup Wirendra Tjakrawerdaja

Acara Nobar di sekretariat Partai Golkar Kabupaten Cilacap ini, selain dihadiri oleh Masyarakat umum pengurus DPD II, juga mendapatkan partisipasi dari lapisan Organisasi Kemasyarakatan seperti dari FKPPI ( FORUM KOMUNIKASI PUTRA PUTRI PURNAWIRAWAN DAN PUTRA PUTRI TNI-POLRI ) dan Pemuda Pancasila yang tidak lain juga mempunyai nilai nilai perjuangan yang sama. (Kontributor Cilacap)

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *