KABAR GOLKAR KABAR NASIONAL

Getol Kampanyekan Jokowi-Ma’ruf, Ini Penjelasan Pengamat Tentang Golkar

Airlangga Hartarto. [foto: istimewa]

kabargolkar.com, JAKARTA – Direktur Eksekutif Indikator Politik Indonesia Burhanuddin Muhtadi menilai, dalam Koalisi Kerja, Partai Golkar dinilai paling solid dalam mengkampanyekan pasangan capres Joko Widodo-KH Ma’ruf Amin. Partai Golkar juga dianggap sebagai partai politik yang paling sering mengkampanyekan capaian-capaian kinerja pemerintahan Presiden Joko Widodo ke masyarakat.

Burhanuddin mengatakan hal tersebut terkait pidato politik refleksi akhir tahun Partai Golkar yang disampaikan Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto beberapa waktu lalu.

“Kalau dilihat dari sisi partai-partai pendukung Pak Jokowi, justru yang relatif solid mengkampanyekan Jokowi-Ma’ruf dan capaian kerjanya pada Pilpres 2019 sebagai capres incumbent adalah Partai Golkar,” kata Burhanuddin dalam keterangan tertulisnya Kamis (27/12).

Burhanuddin menilai, Partai Golkar bisa dikatakan partai yang paling solid mendukung pemerintahan karena merupakan partai yang memiliki gerbong yang cukup besar.

“Cara melihatnya sangat sederhana sekali. Sejak Golkar mendukung pemerintah, Pak Jokowi ternyata mampu melakukan rekonsolidasi kekuasaan karena sebelum Golkar masuk, Pak Jokowi hanya bisa menang dengan kekuatan 37 persen di parlemen,” ujarnya.

Burhanuddin mengatakan, pada tahun pertama pemerintahan Jokowi, gonjang-ganjing pemerintah dengan perlemen luar biasa keras dan banyak mengalami rintangan dan halangan. Namun ketika Golkar bergabung, konstelasi politik berubah total. Jokowi di pemerintahan relatif lebih mudah mendapatkan persetujuan politik dari parlemen

Dari situ, menurut Burhan, Golkar telah sangat memberi dampak positif untuk Jokowi. Belum lagi sejak masa kampanye jelang Pileg dan Pilpres 2019, Partai Golkar sangat gencar mengkampanyekan Jokowi-Ma’ruf dari berbagai aspek.

“Kalau saya amati kampanye sistematik dan masif sangat gencar dilakukan Golkar, hal itu bisa dilihat dari kampanye di media sosial dan media luar ruang yang Golkar lakukan untuk mengkampayekan Jokowi-Ma’ruf. Ini bukti bahwa keberadaan Golkar makin memperkuat posisi Jokowi secara politik saat ini,” ujarnya.

Selain itu, adanya Relawan Golkar Jokowi (Gojo), yang melakukan kegiatan kampanye melalui media luar ruang dan media sosial secara masif membuat elektabilitas Jokowi-Ma’ruf dan Partai Golkar terus mengalami peningkatan.

“Kampanye Golkar dan Jokowi-Ma’ruf yang diinisiasi dan maksimalkan oleh Relawan Gojo dengan terobosan inovasinya yang baru, tentunya memiliki keuntungan elektoral untuk Partai Golkar maupun pasangan Jokowi-Ma’ruf,” pungkasnya. [viva]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *