KABAR NASIONAL Kabar Pemilu

[Golkar 4G] Program Unggulan Partai Golkar: Sembako Murah

Sembako murah merupakan salah satu program unggulan dalam Golkar 4G

kabargolkar.com – Sembako atau sembilan bahan pokok yang berupa beras, jagung, bawang merah, minyak tanah, susu sapi, daging sapi, daging ayam, telur ayam, dan gula pasir, merupakan kebutuhan primer dari banyak lapisan masyarakat di Indonesia. Menjaga harga sembako tetap murah sudah menjadi tujuan pemerintah, baik pemerintah pusat maupun pemerintah daerah. Partai Golkar juga berupaya mewujudkan sembako murah.

Dengan selalu menduduki peringkat pertama atau kedua dalam pemilu tingkat pusat, Partai Golkar terbukti betul-betul menangkap aspirasi masyarakat. Aspirasi masyarakat yang dibawa Partai Golkar untuk Pemilu 2019 diwujudkan melalui 4 program Partai Golkar, yaitu sembako murah, rumah terjangkau, lapangan kerja yang luas, dan Revolusi Industri ke-4. Empat program ini disebut sebagai Golkar 4G. Selama tahun 2018, setidaknya dari dimulainya rangkaian Pilkada 2018 yang diselenggarakan serentak, Partai Golkar telah berkali-kali menyuarakan Golkar 4G ini.

Mewujudkan sembako murah dapat diartikan menjaga harganya jangan sampai menguras dompet lebih dari yang diharapkan. Misalkan saja ada seorang karyawan membelanjakan seperempat penghasilannya untuk makanan, maka sembako murah dapat diwujudkan dengan tetap menjaga belanja makanannya tidak lebih dari seperempat penghasilannya. Jika belanja makanannya lebih dari seperempat penghasilannya, maka agenda sembako murah dapat disebut kurang berhasil. Dengan bahasa yang lebih teknis, mewujudkan sembako murah berarti kenaikan harga sembako jangan melebihi kenaikan gaji karyawan tersebut.

Kenaikan harga sembako menjadi momok bagi masyarakat kelas bawah, karena sebagian besar pengeluaran kelas ini dihabiskan untuk makanan. Dari data inflasi (kenaikan harga) milik pemerintah, inflasi sembako termasuk kategori inflasi bahan makanan. Inflasi bahan makanan dalam satu dasawarsa terakhir lebih sering meleset di atas target yang ditetapkan. Melesetnya pun tidak tanggung-tanggung, bisa sampai dua kali lipat target inflasi. Inflasi ini terjadi karena semakin bertambahnya permintaan atau berkurangnya ketersediaan.

Inflasi pada tahun 2015 sampai dengan 2017 ditargetkan 4% per tahun atau setara dengan 0,33% per bulan. Namun, antara sebelum dengan sesudah Ramadan dan pergantian tahun, inflasi bahan makanan melonjak sampai lebih dua kali di atas target. Meski demikian di luar waktu-waktu tersebut, inflasi bahan makanan justru negatif atau mengalami deflasi.

Golkar 4G

Berdasar perilaku inflasi bahan makanan yang telah dijabarkan, maka bukan tugas mudah untuk menjaga harga sembako agar selalu tetap murah. Utamanya cara menjaga sembako tetap murah adalah menjamin ketersediaannya. Dengan sembako yang selalu tersedia maka harga sembako akan sulit mengalami kenaikan yang drastis. Salah satu yang cukup membuat harga sembako bisa naik drastis adalah harga bahan bakar karena harga sembako juga ditentukan oleh harga bahan bakar pengangkutnya. Untung saja harga bahan bakar lebih dapat diawasi oleh pemerintah dibanding harga sembako. Diawasinya harga bahan bakar adalah salah satu cara mewujudkan sembako murah. Pengawasan terhadap harga bahan bakar menjadi salah satu agenda Partai Golkar untuk mendukung program sembako murah.

Agenda Partai Golkar untuk mendukung sembako murah adalah menjaga jumlah lahan pangan dan perluasan teknologi pertanian dan peternakan. Seperti diketahui pada tahun 2013 jumlah lahan pertanian adalah 7,75 juta hektar, tetapi jumlahnya pada tahun 2018 berkurang menjadi 7,1 juta hektar. Dalam kata lain, pengurangan lahan pertanian adalah 130 ribu hektare per tahunnya. Dengan menjaga jumlah lahan pangan dan perluasan penggunaan teknologi pertanian dan peternakan diharapkan ketersediaan pangan melimpah sehingga harga sembako tidak naik drastis.

Dalam menjaga lahan pangan harus ditopang oleh pemutakhiran data agar ke depan tidak ada beda pendapat antara instansi pemerintah. Sementara untuk perluasan penggunaan teknologi pertanian dan peternakan dapat berupa alat dan mesin, pupuk dan bibit unggul. Perluasan teknologi ini mesti ditopang juga oleh kemudahan petani dan peternak mengakses modal dan kredit.

Agenda lain yang patut disuarakan Partai Golkar untuk mendukung program sembako murah adalah penanganan kekeringan. Seperti sudah diketahui produk-produk pangan sangat bergantung dengan tersedianya air. Penanganan kekeringan dilakukan melalui penanggulangan serta mitigasi bencana kekeringan selain menggiatkan investasi sarana dan prasarana pengairan bagi usaha tani dan ternak. Data Kementerian Pertanian menunjukkan kalau kekeringan melanda 135 ribu hektar untuk tahun ini. Jika kekeringan dapat diatasi maka ketersediaan sembako akan lebih mudah.

Bisa disimpulkan ketersediaan sembako adalah kunci mewujudkan sembako murah. Untuk menjaga ketersediaan sembako supaya nantinya program sembako murah terlaksana, Partai Golkar dapat mewujudkan empat agenda: pertama, pengawasan harga bahan bakar; kedua, penjagaan jumlah lahan pangan yang ditopang pemutakhiran data; ketiga, perluasan penggunaan teknologi pertanian dan peternakan dan keempat, penangangan kekeringan. Salam Golkar 4G.

Golkar 4G selanjutnya: rumah terjangkau

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *