KABAR DPD KABAR PILEG

Golkar Andalkan Cindy Wurangian Di Dapil Minut-Bitung

Anggota DPRD Sulut dan Ketua DPD II Golkar Bitung, Priscilla Cindy Wurangian.

Kabargolkar.com, Bitung – Kompetisi calon legislatif (caleg) DPRD Sulut untuk memperebutkan delapan kursi dari daerah pemilihan (dapil) Minahasa Utara (Minut)-Bitung dipastikan bakal menarik dan ketat. Pasalnya, masing-masing parpol menampilkan caleg-caleg terbaik.

Tiga srikandi petahana yakni Cindy Wurangian (Partai Golkar), Netty Pantow (Partai Demokrat), dan Norri Supit (Partai NasDem) dipastikan masih sangat berpeluang besar menjaga ‘mahkota’ masing-masing. Apalagi ketiganya memiliki basis massa riil dan sudah teruji di pileg sebelumnya.

Namun peluang juga untuk pendatang baru sangat besar. Apalagi ada dua petahana yang sudah tidak maju yaitu Adriana Dondokambey (maju DPR RI) dan Eva Cindy Sarundajang. Keduanya dari Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDI-P).

PDI-P sendiri dengan absennya kedua petahana itu, tetap menampilkan kader dan tokoh terbaik. Sebut saja Berty Kapojos. Kader PDI-P ini selain Ketua DPRD Minut, juga dipercaya menjadi salah satu wakil ketua di jajaran DPD PDI-P Sulut.

Tak heran dia dipercayakan Ketua PDI-P Sulut Olly Dondokambey (OD) berada di nomor urut satu. Kapojos punya basis massa cukup kuat di Minut yang bisa mendukung target PDI-P menambah perolehan satu kursi dari pileg 2014 lalu yang hanya dua kursi.

Selanjutnya ada Novita Umboh. Dia pernah diusung PDI-P di pileg lalu, namun gagal. Akademisi ini mencoba kembali.

Demikian juga dengan Jeivi Wijaya yang diketahui adalah istri Wakil Bupati Minut Joppi Lengkong.

Selain mereka, ada dua nama yang direkrut PDI-P dari Bitung, untuk memastikan target tiga kursi. Yaitu Hengky Honandar dan Fabian Kaloh. Keduanya diketahui sempat berpasangan sebagai calon wali kota dan wakil wali kota Bitung lalu, yang diusung Partai Keadilan dan Persatuan Indonesia (PKPI), namun tidak terpilih.

Selanjutnya birokrat senior Pemprov Sulut Herry Rotinsulu. Dia memilih menjadi caleg di usai masa baktinya sebagai PNS. Lily Kadeke dan Husein Tuahuns pun dipasang PDI-P untuk memperkuat dapil ini.

Wakil Ketua PDI-P Sulut Lucky Senduk mengatakan, dengan line up di dapil Minut-Bitung, mereka yakin bisa merebut tiga kursi. “Jadi target tiga kursi di dapil Minut-Bitung sangat bisa diraih,” singkatnya.

Partai Golkar, menargetkan dua kursi untuk dapil Minut-Bitung. Selain mengandalkan petahana Cindy Wurangian, Golkar berharap ada figur lain yang lolos.

Juru bicara Golkar Sulut Feryando Lalamuta mengatakan, dua kursi target dipastikan bisa direbut. “Dari delapan caleg dari dapil Minut Bitung, kami optimisi bisa dapat dua kursi,” klaimnya.

Karena, menurut Lamaluta, para caleg yang dipasang diyakini sudah dikenal masyarakat. “Karena kalau tidak dikenal, ngapain kami usung,” singkatnya.[Manadopost]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *