KABAR NASIONAL

Golkar Anggap Kementerian Agama Lakukan Terobosan Pelayanan Dengan Luncurkan Kartu Nikah

Kementerian Agama menargetkan satu juta kartu nikah bisa disebarkan untuk pasangan yang baru menikah pada tahun 2018. (Photo/TegalKota.co.id)

Kabargolkar.com, Jakarta – Komisi VIII DPR RI mengapresiasi rencana Kementerian Agama RI yang akan menggunakan kartu nikah untuk menggantikan buku nikah.

Menurut Wakil Ketua DPR Komisi VIII Ace Hasan mengatakan, kartu nikah bisa dibilang sebagai terobosan dari Kemenag terkait pelayanan.

“Penerbitan kartu nikah pernah disampaikan dan disetujui oleh Komisi VIII. Bagian dari pelayanan Kemenag. Saya kira bagi kami itu menjadi hal yang positif,” kata Ace, Senin (12/11/2018).

Legislator Golkar asal Daerah pemilihan Banten ini menilai, penggunaan kartu nikah ini sebagai sebuah terobosan pelayanan.

“Untuk kemudahan pelayanan saya kira sesuatu hal yang positif ya, sehingga bisa memudahkan persoalan data administatif  di kementerian Agama” jelas Ace.

Lebih jauh Ace mengatakan, nantinya kartu nikah akan sangat berguna untuk menunjukkan status pernikahan seseorang.

“Kalau kartu nikah kan biasanya bisa dipergunakan untuk menunjukkan identitas seseorang sudah menikah atau belum. Bisa untuk identitas pelayanan misalnya perbankan, hotel, Imigrasi, barangkali ditanya sudah menikah atau belum,” tutur Ace.

Ditanya soal anggaran pengadaan, Ace berharap produksinya dilakukan secara transparan.

“Secara pengadaan saya kira memang harus dilakukan secara terbuka, tapi jelas secara konten berbeda sekali dengan e-KTP,” ujar Ace.

Kementerian Agama secara resmi meluncurkan kartu nikah sebagai pengganti buku nikah pada 8 November 2018. dan siap untuk disosialisasikan ke Masyarakat.

Kementerian Agama menargetkan satu juta kartu nikah bisa disebarkan untuk pasangan yang baru menikah pada tahun 2018. Untuk pasangan yang sudah menikah, suplai kartu nikah dilakukan bertahap.

Mengenai perubahan ini, juga disampaikan melalui akun resmi Twitter Kementerian Agama, @Kemenag_RI, pada 8 November 2018.

 

sumber: Tribunnews

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *