KABAR DPD KABAR PILKADA

Golkar dan PBB Bentuk Koalisi Untuk Pilkada Anambas

Koalisi Partai Golkar dan PBB di salahsatu restoran di Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan, Kabupaten Kepulauan Anambas, Provinsi Kepri Kamis (22/8/2019).

kabargolkar.com, ANAMBAS – Dua partai politik pemegang 2 kursi di Kabupaten Anambas, Partai Golongan Karya (Golkar) dan Partai Bulan Bintang (PBB) mendeklarasikan untuk berkoalisi pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Anambas 2020.

Deklarasi yang dilakukan di sebuah restoran di Desa Tarempa Barat, Kecamatan Siantan Kamis (22/8/2019) malam itu, dipertegas dengan penandatangan naskah deklarasi oleh masing-masing ketua partai politik di Anambas itu.

Menurut Undang-Undang, usulan calon Bupati dan Wakil Bupati baru bisa dilakukan oleh partai politik yang minimal memiliki keterwakilan 4 kursi di legislatif.

Sementara dari 20 kursi yang ada di DPRD Anambas, ‎belum ada partai politik yang memenuhi syarat tersebut.

“‎Pemilihan Umum (Pemilu) 2019 sudah selesai. Perolehan kursi masing-masing partai politik sudah diketahui. Paling banyak 3 kursi, 2 dan 1 kursi. Belum ada 1 partai politik pun yang bisa mengusung secara sendiri pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati merujuk pada aturan. ‎Golkar punya 2 kursi. Kalau sendiri belum bisa mengusung 1 pasang calon. PBB dapat 2 kursi. Dengan koalisi kami ini, ‎kami hanya dapat memastikan 1 pasangan calon Bupati,” ujar Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) II Partai Golkar Kabupaten Kepulauan Anambas, H. Muhammad Kasren.

‎Ketua Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PBB Kabupaten Kepulauan Anambas, Aswar Abdullah menjelaskan alasan koalisi ini. Selain ingin mengambil figur calon yang lebih baik dari yang terdahulu, Partai Bulan Bintang melihat Partai Golkar sebagai satu partai tertua dari segi strategi politik.

Mengedepankan unsur emosional dan diskusi yang intens bersama pengurus menjadi faktor lain yang mendrong koalisi Golkar – PBB ini. Pihaknya tidak menutup kemungkinan akan adanya partai politik lain yang bergabung pada koalisi mereka. Namun pihaknya mendorong agar lahir koalisi dari partai politik lain sehingga geliat Pilkada di Anambas dapat lebih dinamis.

Aswar juga menegaskan koalisi dua partai politik ini untuk Pilkada 2020, bukan untuk pembentukan fraksi di Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD).

“Deklarasi yang kami lakukan memberi ruang kepada partai politik lain untuk membuat partai politik lain berkoalisi seperti kami. Dengan itu, masyarakat disuguhkan oleh beberapa pilihan. Kami harapkan partai politik buat koalisi semacam kami seperti ini,” ungkap Aswar. [tribun]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *