KABAR DPD

Golkar Dorong Banjarmasin Tiru Implementasi ‘Germas’ Jakarta

kabargolkar.com – Partai Golkar Banjarmasin terkesan dengan pelaksanaan ‘Germas’ yang dilakukan di Provinsi DKI Jakarta. Implementasi tersebut bahkan didorong untuk ditiru pelaksanaannya di Kota Banjarmasin.

Germas, singkatan dari Gerakan Masyarakat Sehat. Implementasinya di DKI Jakarta patut menjadi contoh bagi warga Kota seribu sungai. Hal ini berdasarkan hasil kunjungan kerja Komisi IV DPRD Banjarmasin di DKI Jakarta  pada Jumat (14/9/2018) minggu lalu. Kunjungan spesifik ke Suku Dinas Kesehatan Jakarta Pusat ini terkait Program Gerakan Masyarakat Hidup Sehat yang akan kembali digalakkan di Banjarmasin.

Legislator Golkar Banjarmasin, Ananda (20/9/2018) menjelaskan bahwa pelaksanaan Germas di Kota Banjarmasin sebenarnya telah dilaksanakan sejak tahun 2017. Namun, sosok yang menjadi Ketua DPRD Banjarmasin ini mengatakan bahwa agar program ini dapat berjalan baik, pihaknya memerlukan studi komparasi.

Selain itu, karakter Kota Jakarta sangat padat penduduk dan menurut politisi cantik ini mirip dengan Kota Banjarmasin, sehingga perbandingan dapat dilihat secara langsung.

Sebagaimana diketahui, pelaksanaan program Germas di Kota Banjarmasin saat ini memang belum berjalan baik. Salah satu penyebabnya, karena hanya menggunakan anggaran yang minim.

Legislator Golkar Banjarmasin ini mengungkapkan, salah satu program Germas yang biasanya dilakukan adalah program senam. “Senam peregangan otot sangat baik untuk kesehatan, minimal lima menit, agar energi positif kembali tumbuh,” ujar Ananda.

Lebih lanjut, kegiatan senam ini harus dibiasakan. Senam paling sedikit 5 menit, namun lebih baik 30 menit setiap 1 kali seminggu, kemudian pemeriksaan kesehatan dan makan buah gratis setiap hari Jum’at.

Program Germas ini, menurut Ananda, harus disosialisasikan, agar dapat diterapkan secara baik. Penerapan itu dari pihak SPOD terkait, dan juga bagi seluruh lapisan masyarakat. Germas bertujuan untuk menjadikan warga semakin sehat.

Germas tidak hanya untuk menciptakan kebersihan lingkungan, tapi juga menitikberatkan pada kebugaran badan. Dengan demikian  memberi dampak positif bagi jiwa dan raga. (kontributor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *