KABAR NASIONAL

Golkar Dorong Pengembangan Produk Kreativitas Asli Daerah Gunakan Platform Digital

ilustrasi (net)

kabargolkar.com –¬†Pengaruh kearifan lokal dan melimpahnya sumber daya manusia (SDM) di berbagai daerah Indonesia, memungkinkan terjadinya produksi maupun olahan khas kreatif di setiap daerahnya masing masing.

Diskusi dalam menanggulangi dampak kekayaan produksi kreatif di Indonesia dan sumber daya manusianya menjadi pembicaraan menarik oleh Hetifah Sjaifudian yang menjadi salah satu pembicara dalam diskusi ” Y-Fest Making Indonesia 4.0 di Hotel Fairmont, Jakarta. Kamis (27/09/2018).

Wakil Rakyat ini menyoroti keanekaragaman sekaligus kekayaan industri kreatif di Dapilnya. Hal tersebut sebagai representasi ataupun role model pemberdayaan potensi kreatif nasional.

Dalam hal ini Hetifah Sjaifudian memberikan contoh di lapangan. Beberapa daerah seperti Kabupaten Bulungan di Kaltara adalah sumber kreatifitas dan juga menjadi bahan pertimbangan untuk mendorong peran pemerintah dalam memberikan sarana dan prasarana daerah. Ini dilakukan mengingat kreativitas masyarakat Bulungan juga butuh infrastruktur tersebut.

“Saya sering berkunjung ke berbagai daerah di Indonesia. Disana masalah yang masih kendala untuk mengembangkan potensi dan kekayaan sumber daya manusianya yang berhasil menciptakan berbagai produk produk unggulan dan unik barangkali, seringkali masih kurang didapatkan karena faktor sarana dan prasarana,” ucap legislator Golkar ini.

Lebih lanjut Hetifah memaparkan contoh lainnya, bahwa di berbagai sudut Kalimantan Timur juga menjadi primadona kreatif dan potensi pariwisata. Dua hal ini sangat berkesinambunagan. Dengan demikian, produk industri kreatif asli daerah ini bisa dinikmati dan disalurkan lewat dunia pariwisata.

“Kaltim dan Kaltara sangat menakjubkan barangkali untuk dijabarkan lebih dalam, keberadaan wilayah pariwisata khususnya bahari beberapa tahun terakhir ini sangat membantu promosi dan pemasaran produksi hasil-hasil produksi kerajinan asli kalimantan,” ujar Hetifah Sjaifudian.

“Persiapan kita yang sudah masuk persaingan kedalam revolusi industri 4.0 akan menjadi tantangan tersendiri bagi saya untuk mengedepankan geliat industri kreatif di Kalimantan Timur dan Kalimatan Utara,” lanjutnya.

Politisi perempuan Partai Golkar ini sedang giat mendorong sinergitas pengelolaan kreativitas di dua propinsi tadi untuk memberikan kontribusi dalam segi pengembangan promosi lewat platform digital.

“Sangat beralasan barangkali apa yang menjadi kebutuhan kita saat ini. Sebagai komisi yang salah satunya mengurusi industri kreatif, sudah barang tentu produk-produk kreativitas asli daerah ini perlu juga menggunakan sarana platform promosi digital yang sudah mengikuti pola revolusi industri 4.0” tutup Hetifah. (tim liputan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *