KABAR DPD Kabar Parlemen KABAR PILEG

Golkar Jatim Kritisi Blunder KPU Soal Nama Caleg

Ilustrasi. [istimewa]

Kabargolkar.com, PROBOLNGGO – Bawaslu Kota Probolinggo, terus mendalami kasus salah tulis di daftar calon tetap (DCT) legislatif yang dipampang di setiap kantor kecamatan. Setelah sebelumnya memanggil Komisioner KPU, Senin (03/12) giliran Partai Golkar yang dipanggil untuk dimintai keterangan di kantor Bawaslu jalan Panjaitan, Kota setempat.

Pemanggilan partai Golkar dibenarkan Samsun Ninilaw, Komisioner Bawaslu bagian Divisi Hukum Penanganan Pelanggaran dan Penanganan Sengketa. Hanya saja ia tidak menjelaskan, siapa yang hadir di kantornya. Apakah ketua DPD Partai Golkar atau pengurus lainnya. Mengingat, partai Golkar ditemui langsung ketua Bawaslu, Azam Fikri.

Samsun mengatakan, belum mengetahui apakah kasus salah tulis itu akan diregistrasi sehingga yang menangani Bawaslu Jatim. Yang jelas, pihaknya akan terus menginvestigasi kasus kesalahan peletekan nama caleg partai Golkar di partai Kebangkitan Indonesia Raya tersebut. “Belum tahu apa nanti dilanjut hingga diregister atau tidak. Tergantung Partai Golkar,” tandasnya.

Jika Partai Golkar tidak terima dengan kesalahan itu, pihaknya akan terus melakukan investigasi hingga terbit register. Kemudian kasus tersebut akan dilimpahkan ke Bawaslu Jatim untuk ditindaklanjuti. “Kalau Golkat tidak terima, kami akan terus melakukan investigasi. Kalau Partai golkar tidak mempermasalahkan, ya kami hentikan. Berarti kasus itu tidak dilanjut,” pungkasnya.

Terpisah, ketua DPD Partai golkar Kota Probolinggo Audi Firmana tidak memperpanjang kasus kesalahan nama partai tersebut, meski pihaknya telah dirugikan. Ia menyadari, setiuap manusia tidak luput dari kesalahan. Yang penting menurutnya, KPU telah memperbaiki dengan mengganti tulisan Partai Kebangkitan Indonesia Raya. “Yang penting KPU sudah mengganti. Hanya itu saja permintaan kami,” tandasnya.

Pria yang biasa dipanggil Audi ini membenarkan, kalau pihaknya diminta datang ke kantor Bawaslu, Senin. Namun yang datang bukan dirinya, tetapi mengutus pengurus Ketua Bidang Bagian kaderisasi Partai Golkar hamid. “Ya, kami hari ini dipanggil bawaslu. Ya soal kesalahan tulis tersebut, Yang kami utus ketua bidang kaderisasi. Balum tahu hasilnya, dia masih di Bawaslu. Sudah saya bilang tadi, kami tidak mempermasalahkan,” pungkasnya.

Seperti diketahui bersama, Partai Golkar pada Jumat (30/12) kemarin, melapor ke bawaslu soal temuannya. Partai berlambang pohon beringin ini, menemukan daftar calon tetap anggota DPRD Kota Probolinggo dari Partai Golkar, berada di kolom Partai Kebangkitan Indonesia Raya. Baliho tersebut terpampang di 5 kantor kecamatan se wilayah Kota Probolinggo.

Bawaslu kemudian memberitahukan ke KPU dan hari itu juga, baliho berukuran besar tersebut diturunkan dan Jumat Sore, Baliho perbaikan sudah terpasang di lokasi yang sama. Atas laporan tersebut, hari itu juga, Bawaslu memanggil komisioner KPU untuk klarifikasi atas kesalahan salah trulis dan tempat tersebut. [jatimtimes]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *