KABAR DPD

Golkar Kotim Dorong APBD 2019 Bidang Peternakan Jadi Skala Prioritas

foto: gerakkalteng.com

kabargolkar.com, SAMPIT – Wakil Ketua DPRD Kotawatingin Timur, Supriadi MT menyarankan kepada pemkab untuk pengembangan bidang peternakan tetap jadi skala prioritas dalam APBD Tahun 2019.

Hal ini, kata dia, agar kedepannya Kabupaten Kotawaringin Timur bisa mencapai swasembada daging.

“Pengembangan dalam bidang ini sangat perlu dilakukan agar keperluan daging ayam potong, dan daging sapi bisa terpenuhi terutama pada saat menjelang hari-hari besar keagamaan,” kata Supriadi, Kamis (8/11/2018).

Karena, lanjut dia, selama ini, ketersediaan daging ayam dan sapi sapi minim harus disuplai wilayah Kalimantan Selatan (Kalsel) untuk memenuhi kebutuhan masyarakat.

Menurut dia, lantaran tergantung dari luar daerah, maka harga dagingnya pun kadang melonjak pada saat menjelang hari-hari besar keagamaan.

Politisi dari Golkar tersebut membeberkan, untuk mengatasi hal itu, diharapkan kepada instansi terkait dapat membangun sentra atau kantong-kantong penyangga peternakan ayam ras, kambing, kerbau, maupun sapi.

“Kalau sudah memiliki kantong-kantong penyangga, tentu keperluan masyarakat akan daging ayam potong maupun daging sapi akan terpenuhi dengan baik,” beber dia.

Sedangkan untuk harganya pun akan lebih murah dibandingkan dengan harga daging yang disuplai dari luar daerah.

Ia menambahkan, dengan adanya kantong-kantong penyangga diharapkan tersebut kedepannya Kotawaringin Timur akan swasembada daging.

Karena, lanjut dia, otomatis para peternak di Kotim bisa memenuhi kebutuhan daging untuk daerahnya. Bahkan bisa menjadi distributor yang dapat menyuplai ayam ras ke daerah lain. (gerakkalteng)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *