KABAR DPD

Golkar Larang Kader Saling Bertarung di Pilkada 2020

Nurdin Halid. (Foto: Golkar Sulsel) 

kabargolkar.com, MAKASSAR – Partai Golongan Karya (Golkar) melarang kadernya saling bertarung pada pemilihan kepala daerah (Pilkada) di daerah yang sama. Beringin meminta hanya ada satu kader yang diusung di tiap daerah.

“Jadi memang tidak boleh lebih dari satu kader Golkar yang saling bertarung di Pilkada (yang sama). Ini memang merupakan aturan PO (pedoman organisasi) partai,” ucap Ketua DPD I Golkar Sulsel, Nurdin Halid (NH).

NH melanjutkan, jika ada yang melanggar maka langsung diberikan sanksi. Hukuman tersebut bahkan membuat kader yang bersangkutan harus terpental dari Beringin. “Pasti kita kenakan sanksi. Sanksinya bisa sampai pemecatan. Dan itu memang sesuai aturan,” tegas Mantan Ketua PSSI ini.

Dia mencontohkan Pilkada Bulukumba 2020 yang akan datang. Dimana sejauh ini, ada tiga kader Golkar yang menyatakan maju dengan mendaftar sebagai bakal calon bupati usungan Beringin. Mereka ialah Jamaluddin M Syamsir, Andi Hamzah Pangki (Ketua DPD II Golkar Bulukumba) dan Risman Pasigai (Wakil Ketua DPD I Golkar Sulsel).

“Seperti di Bulukumba, ada lebih dari satu kader yang ingin maju. Golkar tentunya hanya akan mengusung satu nama. Dan itu harus ditaati oleh seluruh kader Golkar. Jika tidak, kita sanksi,” tandasnya.

Sementara itu, Ketua Badan Pemenangan Pemilu (Bappilu) Golkar Sulsel, Kadir Halid membeberkan pihaknya telah merampungkan seluruh nama-nama kandidat di 12 kabupaten/kota. Sementara digodok di DPD I Golkar Sulsel.

“Sebanyak 96 nama sudah terjaring. Sekarang kita lakukan penelitian berkas. Kemudian kita akan lakukan wawancara selama 10 hari,” kata Kadir.

Kadir melanjutkan, pihaknya kemudian akan menilai kandidat tersebut dari hasil wawancara itu. Jika tak memenuhi kriteria Golkar, langsung dipangkas dan digugurkan.

“Setelah itu, kita akan finalkan untuk dikirim ke DPP. Maksimal tiga nama (setiap daerah) kita kirim ke DPP untuk ditentukan siapan yang diusung di Pilkada 2020,” tandasnya. (sindo)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *