KABAR NASIONAL

Golkar Minta Kemendagri Atasi Persoalan Menipisnya Stok Blanko KTP-el

Petugas Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Disdukcapil) mencetak KTP-el di Kantor Disdukcapil Kota Tasikmalaya, Jawa Barat, Selasa (24/10). (ANTARA/Adeng Bustomi)

kabargolkar.comPolitisi Golkar yang juga Ketua DPR RI Bambang Soesatyo memberikan tanggapan terkait menipisnya stok blanko Kartu Tanda Penduduk elektronik (KTP-el), salah satunya dialami di daerah Cianjur dan Tasikmalaya, Jawa Barat serta Klaten, Jawa Tengah, mengingat KTP-el merupakan salah satu syarat untuk dapat terdaftar menjadi pemilih dalam Pemilu 2019.

Ketua DPR melalui keterangan tertulis, Rabu (10/10/2018) mendorong Komisi II DPR meminta Kementerian Dalam Negeri (Kemendagri) untuk mengirimkan sejumlah blanko sesuai dengan yang diajukan oleh Pemerintah Daerah (Dinas Penduduk dan Catatan Sipil/Disdukcapil), agar Disdukcapil di setiap daerah dapat segera mencetak KTP-el terutama untuk warga yang baru melakukan perekaman data.

“Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) bersama Pemerintah Daerah (Pemda) untuk aktif melakukan sosialiasi guna mendorong masyarakat melakukan pengecekan apakah sudah terdaftar menjadi pemilih dalam Pemilih 2019 salah satunya melalui aplikasi milik KPU, serta mendorong masyarakat yang dinyatakan belum terdaftar untuk melaporkan kepada aparat lingkungan setempat seperti RT/RW dan Kantor Desa/Kantor Kelurahan,” demikian Bamsoet memberikan keterangannya.

Lebih lanjut, utnuk membantu proses perekaman berlansung lancar, Bamsoet mendorong Komisi II DPR meminta Kemendagri untuk memastikan fasilitas perekaman data kependudukan lainnya seperti alat perekam dan tinta untuk cetak e-KTP di setiap daerah di Indonesia, tersedia dan dapat berfungsi dengan baik. (tim liputan)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *