KABAR DPD

Golkar Prihatin Nasib Petani Kotim yang Gagal Panen Hasil Pertanian

ilustrasi – (ANTARA FOTO/Aditya Pradana Putra)

kabargolkar.com, Sampit –¬†DPRD Kotim prihatin dengan nasib para petani yang gagal panen hasil pertanian padi. “Informasi saya dengar sekitar 300 hektare (ha) tanaman padi gagal panen akibat kekeringan karena disebabkan kemarau berkepanjangan,” beber Ketua Komisi II DPRD Kotim, H Rudianur, Minggu (14/10).

Rudianur mengaku, anggota DPRD sangat prihatin atas gagalnya panen padi yang terjadi di wilayah selatan. “Tanaman padi kurang mendapat pasokan air yang cukup sehingga tidak dapat tumbuh dengan baik,” ungkapnya lirih.

Dia menambahkan, kendati gagal panen, namun para petani telah diasuransikan dan petani tidak rugi terlalu banyak. “Kami meminta agar pemerintah daerah terus mengupayakan pada musim tanam Oktober-Maret bisa dimaksimalkan, sehingga kegagalan pada panen beberapa waktu lalu bisa tertutupi,” ujar Rudi.

Politisi Partai Golkar ini juga meminta, pemerintah daerah melalui dinas terkait harus mengoptimalkan luas tanam padi dengan memanfaatkan luas sawah produktif yang saat ini mencapai 24.000 ha.

Selain itu, kepada seluruh petani untuk mulai menggarap lahan dengan menggunakan peralatan pertanian bantuan dari pemerintah daerah dan pusat agar luasan tanam bisa lebih maksimal.

“Saat ini peralatan pendukung pertanian lumayan banyak diharapkan kepada para petani bisa mempergunakan peralatan tersebut, sehingga hasil panen di Kotim bisa lebih maksimal lagi,” pinta Rudi. (kaltengpos)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *