KABAR DPD

Golkar Raih Kursi Terbanyak di DPRD Sumsel

Para saksi partai menandatangi SK Pleno KPU Sumsel, pengesahan dan penetapan anggota legislatif terpilih, Senin (12/8) (gatra/Tasmalinda/far)

kabargolkar.com, PALEMBANG – Dua partai besar, Partai Golkar dan PDI Perjuangan menjadi partai dengan perolehan kursi terbanyak di DPRD Sumsel. Perolehan keduanya, hanya terpaut dua kursi di kalangan wakil rakyat tingkat Provinsi Sumsel tersebut.

Berdasarkan hasil penetapan dan pengesahan anggota DPRD Sumsel 2019-2024 yang digelar KPU pada sidang pleno, Senin (13/8), diketahui partai Golkar meraup kursi terbanyak yakni 13 kursi sedangkan PDI Perjuangan memperoleh 11 kursi. Adapun partai Golkar meraih kursi di sepuluh daerah pemilihan (dapil) Sumsel, dan di dapil 2, dapil 9 dan dapil 10, partai ini telah mampu menyumbangkan dua kursi. Hal yang sama juga diraih PDI Perjuangan, yakni di seluruh dapil memperoleh satu kursi namun hanya di dapil 3 yang memperoleh dua kursi,

“Hari ini, kita sudah menetapkan dan mensahkan, 75 anggota DPRD Sumsel. Alhamdulilah, ini tahapan akhir dari proses pemilu pemilihan legislatif (Pileg). Dari rekapitulasi tadi diketahui, bagaimana perolehan kursi di setiap partai,” ungkap Ketua KPU Sumsel, Kelly Mariana, usai rapat pleno.

Setelah partai Golkar dan PDI Perjuangan, perolehan kursi terbanyak diraih Partai Besutan Prabowo Subianto, Partai Gerindra dengan 10 kursi dan disusul oleh partai Demokrat, dengan 9 kursi. Setelah itu, partai Nasdem dan PKS, kompak meraih enam kursi. Setelah dua partai itu, lima kursi berhasil diperoleh PAN, barulah tiga kursi masing-masing direbut Perindo, Hanura, dan satu kursi diperoleh partai berlambang ka’bah, Partai Persatuan Pembangunan.

Kelly menambahkan, hasil perolehan ini akan disampaikan kepada Kemendagri untuk kemudian menjalankan prosesi pelantikan pada akhir September mendatang. “Untuk selanjutnya, tahapannya sudah bukan kewenangan KPU sebagai penyelenggara, sudah pemerintah daerah. Hari ini tahapan akhir dari Pemilu legislatif yang menetapkan 75 anggota DPRD Sumsel,” pungkasnya. (gatra)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *