KABAR GOLKAR KABAR NASIONAL

Golkar Sebut Pencegahan dan Rehabilitasi Penyalahguna Narkoba Perlu Ditingkatkan

ilustrasi (net)

kabargolkar.com, PALANGKA RAYA – Anggota Komisi III DPR RI Bambang Heri Purnama menilai, penindakan kepada para penyalahguna narkoba kurang efektif. Pencegahan dan rehabilitasi perlu ditingkatkan karena penahanan di lembaga pemasyarakatan (lapas) dinilai tidak menyelesaikan masalah. Menurutnya, jika penyalahguna ditahan, malah tidak akan sembuh dari ketergantungan narkoba.

“Kalau penindakan terlalu banyak dan tidak ada rehabilitasi untuk apa? Kalau memang dia terbukti hanya sebagai pemakai ya di rehab, kalau dia ditahan di Lapas dia tidak sembuh dan bahkan bisa menularkan yang lain,” kata Bambang saat pertemuan antara Tim Kunjungan Kerja Reses Komisi III DPR RI dengan mitra kerja terkait di Mapolda Palangkaraya, Provinsi Kalimantan Tengah, Kamis (01/11/2018).

Legislator Partai Golkar itu menjelaskan bahwa saat ini seluruh lapas, terutama di Kalteng, mengalami over capacity dan mayoritas para tahanan terlibat kasus narkoba. Jadi rehabilitasi dianggap lebih efektif untuk menyembuhkan para penyalahguna narkoba, sekaligus untuk mengurangi jumlah tahanan yang masuk ke lapas.

“Kita memberi masukan kepada Menkumham masalah over capacity ini, karena kalau kita membangun lapas lagi, mungkin tidak menyelesaikan masalah. Diharapkan ada kerja sama dimana pencegahan lebih diutamakan. Kalau selalu dimasukkan ke dalam tahanan, maka lapas akan over terus,” ujar legislator dapil Kalsel itu.

Dalam pertemuan tersebut juga sempat disinggung oleh Bambang mengenai peredaran narkoba yang terjadi di dalam lapas. Menurutnya, penjagaan harus lebih diperketat, terutama oknum yang ada di wilayah lapas. Tahanan dengan masa hukuman terlalu lama juga bisa mempengaruhi oknum untuk memasukkan narkoba ke dalam lapas. (kontributor)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *