KABAR DPD KABAR PILKADA

Golkar Tetapkan Umbu Lili Calon Tunggal Bupati Sumba Timur Pada Pilkada Serentak 2020

Ketua DPD II Golkar Sumba Timur, Umbu Lili Pekuwali

kabargolkar.com, WAINGAPU – DPP Partai Golkar telah menetapkan Umbu Lili Pekuwali, ST.,MT sebagai calon bupati tunggal Sumba Timur untuk maju pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) serentak tahun 2020.

Sedangkan, terkait calon wakil bupati pendamping Umbu Lili dijaring dalam Rapat Kerja Daerah (Rakerda) 1 Partai Golkar Kabupaten Sumba Timur Konsolidasi menuju Kemenangan Pilkada 2020 yang berlangsung di gedung Aula Sekretariat Partai Golkar di Jalan Jenderal Ahmad Yani, Kota Waingapu, Jumat (9/8/2019).

Dalam rapat tersebut hadir juga pimpinan DPD partai Golkar propinsi NTT Melki Laka Lena, senior Partai Golkar NTT Hugo Rehi Kalembu, Ketua Harian DPD partai Golkar Sumba Timur Ali Oemar Fadaq, Sekertaris DPD Golkar Sumba Timur Herman Hilungara, pergurus partai Golkar Kecamatan, para kader partai Golkar, dan para anggota DPRD terpilih partai Golkar Sumba Timur.

Melki Laka Lena dalam arahanya pada rapat itu mengatakan, terkait Pilkada Sumba Timur tahun 2020, pihaknya harus segera mulai mengambil posisi Pilkada dalam dua hal. Dimana terkait pasangan terbaik Wakil Umbu Lili dalam Pilkada 2020 mendatang, sehingga partai Golkar bisa menang dengan baik dan juga bisa membawa perubahan yang baik bagi daerah Sumba Timur.

Terkait dengan Calon wakil bupati pendamping Umbu Lili, kata Melki melalui Rakerda itu sebagai masukan bagi DPD dan Umbu Lili untuk terus disosialisasikan ke depan dan nantinya siapa akan diputuskan.

Selain itu, kata Melki, soal strategi untuk bagaimana caranya untuk meningkatkan elektabitas atau kekuatan untuk orang memilih Umbu Lili dari waktu ke waktu. Diprioritaskan juga untuk Golkar Sumba Timur baik calon bupati maupun calon wakil dari partai Golkar, termasuk Golkar Malaka, sebab partai Golkar Sumba Timur memiliki 8 kursi di DPRD.

“Golkar ini mau sendiri oke, mau koalisi pun tetap jalan. Golkar Sumba Timur bisa ajukan calon sendiri. Diprioritaskan juga untuk Golkar Sumba Timur baik calon bupati maupun calon wakil dari partai Golkar, termasuk Golkar Malaka ini arahan atau pesan dari DPP partai Golkar,”imbuhnya.

Kata dia, andai kata calon Wakil dari kader partai Golkar tidak bagus untuk berpasangan dengan Umbu Lili, maka partai Golkar akan berkoalisi dengan pimpinan atau kader partai politik lain.

“Di Sumba Timur antusias masyarakat untuk partai Golkar itu sangat luar biasa, selain itu elektabitas partai Golkar juga luar biasa ditambah lagi figur calon yang kita pilih ini juga luar biasa. Apalagi ditengah badai yang menerjang pak Umbu Lili tampil dengan caranya bersama seluruh jajaranya membuktikan bahwa partai Golkar tetap yang terbaik di Sumba Timur,”tandasnya.

Menurutnya ini adalah ujian yang sangat gampang untuk bisa digunakan kepada masyarakat Sumba Timur, sebab pemimpin itu teruji justru karena masalah.

Melki juga menegaskan terkait masalah partai Golkar Sumba Timur sebelumnya, Umbu Lili sama sekali tidak terlibat dan tidak mengetahui proses hingga terjadinya persoalan partai Golkar sebelumnya. Umbu Lili sangat kaget ketika mendengar persoalan itu.

Melki juga mengatakan, tercapainya hasil Pileg 2019 kemarin Golkar mendapatkan 8 kursi dimana semestinya 9 kursi tetapi karena permaian politik. Namun, hasil itu merupakan sebuah prestasi yang luar biasa bagi Umbu Lili bersama seluruh jajaran partai Golkar Sumba Timur.

Kata dia juga, senior partai Golkar Agung Laksono juga sangat kagum dengan sosok ketua DPD partai Golkar Sumba Timur Umbu Lili Pekuwali, sebab dilihatnya dari cara pidato Umbu Lili sangat pas untuk jadi bupati.

Melki juga mengapresiasi para Caleg dan para pengurus, serta para kader dan simpatisan partai Golkar di Sumba Timur karena sangat hebat dengan melalui proses Pemilu sebelumnya dengan tenang.

Sementara itu Umbu Lili Pekuwali ketika ditemui POS-KUPANG.COM di sela kegiatan Rakerda itu, mengaku diusungNya menjadi calon bupati Sumba Timur itu merupakan pernyataan dari ketua DPD partai Golkar propinsi NTT Melki Laka Lena.

Terkait pernyataan itu, tegas Umbu Lili ia siap untuk diusungkan menjadi calon bupati Sumba Timur. Sebagai kader ia harus siap terhadap keputusan yang diberikan sebab itu merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan oleh partai.

“Terkait pernyataan itu, kami kader harus siap. Sebab, itu merupakan sebuah kepercayaan yang diberikan oleh partai, dan tentu dasar pertimbangan itu adalah karena dilihat dari amanat yang dipercayakan masyarakat terhadap partai Golkar dititipkan kepada kami untuk dilaksanakan,”kata Umbu Lili.

Sementara terkait calon wakil bupati untuk mendampinginya, kata Umbu Lili terkait hasil Rakerda itu siapa calon wakil yang akan diusungkan untuk mendampingiNya, dan penetapanya juga tergantung DPP.

Umbu Lili juga menjelaskan Rakerda itu untuk mengevaluasi semua tahapan Pileg 2019. Selain itu juga sebagai tahapan persiapan Pilkada tahun 2020.

Selain itu, kata Umbu Lili, dalam Rakerda itu juga untuk menyusun program-program kerja dalam masa kerja kepengurusan pihaknya sampai dengan 2021. Dan juga mempersiapkan partai untuk tahapan Pilkada serta mempersiapkan nama calon bupati dan wakil bupati yang dipersiapkan partai untuk dikonsultasi ke DPP partai Golkar.

Ketua Harian DPP partai Golkar Sumba Timur Ali Oemar Fadaq juga kepada POS-KUPANG. COM mengatakan Umbu Lili Pekuwali sudah ditetapkan menjadi calon bupati dan merupakan calon tunggal dari partai Golkar.

“Jadi pak Umbu Lili sudah ditetapkan oleh DPP sebagai calon bupati dan merupakan calon tunggal. DPP partai Golkar hanya menyuruh kita jaring wakilnya saja,”ungkap Ali Fadaq. [tribun]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *