KABAR DPD KABAR PILEG

Gus Andi Fokus Blusukan Serap Aspirasi Konstituennya

caleg Partai Golkar, Andi Budi Sulistijanto tidak segan untuk terjun berinteraksi dengan warga. [foto: istimewa]

kabargolkar.com, SURABAYA – Sebagai seorang Calon Anggota Legislatif (Caleg) yang memiliki latar belakang peneliti, Andi Budi Sulistijanto tidak segan untuk terjun berinteraksi dengan warga.

Gus Andi, sapaan akrabnya lebih memilih untuk melakukan kampanye door to door setiap hari agar dapat langsung mendengarkan keluhan masyarakat.

“Dalam Pemilihan Legislatif (Pileg) 2019 ini saya menerapkan strategi kampanye blusukan, dengan door to door pada akhirnya saya paham betul apa yang dirasakan oleh masyarakat. Ketika saya terjun langsung dengan mendatangi dari rumah ke rumah, pada dasarnya masyarakat butuh wakilnya untuk terjun langsung dan ngobrol tentang apa yang mereka keluhkan,” ujar Gus Andi.

Maka, tak heran Caleg DPR RI yang mengusung jargon “Berjuang Untuk Rakyat” ini setiap hari melakukan blusukan di daerah Surabaya dan Sidoarjo untuk menyerap aspirasi masyarakat terutama kalangan menengah kebawah. Tak kurang dari delapan rumah setiap hari telah dikunjungi oleh Gus Andi.

“Selama saya blusukan banyak sekali keluhan yang disampaikan kepada saya, terutama dari kalangan ibu-ibu. Misalnya soal perekonomian, kesulitan untuk mengurus perizinan di birokrasi, banyak sekali. Sebagai seseorang yang memiliki latar belakang sebagai peneliti, permasalah seperti ini harus segera saya uraikan untuk menemukan jawabannya. Karena sebenarnya narasumber itu tidak hanya para elit pemerintahan saja, namun masyarakat pun juga adalah narasumber,” tegas Caleg nomor 2 Dapil 1 tersebut.

Penulis Buku “Komunikasi Politik Jokowi” tersebut mengibaratkan dirinya sebagai seorang peneliti yang sedang melakukan penelitian. Karena pada dasarnya, keberadaan peneliti itu tidak bisa diwakilkan ketika tengah melakukan penelitian. Begitupun dengan dirinya yang kini tengah melakukan blusukan, maka keberadaan dirinya saat ini tidak bisa diwakilkan oleh tim suksesnya. Gus Andi harus terjun langsung untuk benar-benar memperoleh data yang valid dari para konstituennya.

“Yang harus dilakukan saat ini adalah bagaimana kita menyerap aspirasi sebanyak-banyaknya dari bawah, supaya bisa menjadi bekal nantinya. Ke depan ketika blusukan ini selesai, saya akan membuat buku saya yang ketiga berjudul Blusukan Seorang Caleg,” terangnya.

Menanggapi terkait caleg yang asal memberikan janji kepada masyarakat pada momen kampanye saat ini, Gus Andi melihat bahwa caleg yang memberikan janji asal tersebut dan tidak turun langsung ke masyarakat, namun hanya menerima laporan dari tim suksesnya.

“Sebagai seorang caleg harus paham secara mendalam bagaimana Tugas Pokok dan Funsgi (Tupoksi) anggota DPR, jangan hanya sebatas kulitnya saja. Sehingga, caleg tersebut akan memiliki inisiatif untuk memberikan solusi-solusi terhadap permasalahan yang ada ditengah masyarakat.” tandas Gus Andi. [tim liputan]

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *