KABAR DPD

Hadapi Pilwali 2020, Golkar Banjarmasin Siap Usung Ananda

Ketua DPD Partai Golkar Banjarmasin, Hj. Ananda (foto: prokal)

kabargolkar.com, BANJARMASIN – DPD Golkar Banjarmasin terbuka untuk mengusung ketuanya sendiri, Ananda. Dia didorong maju pada Pilwali 2020 mendatang. Ini hasil kesepakatan bersama dalam rapat internal partai berlambang beringin ini.

Hanya saja, hingga kini Golkar belum mau blak-blakan. Masih menutup rapat siapa yang akan digandeng Golkar. “Saat ini Golkar masih slow. Karena tahapan Pilkada masih panjang. Tentu harus persiapan sematang-matangnya,” ujar Ananda.

Jika melihat atmosfer politik di level provinsi, Golkar punya chemistry yang baik dengan PDIP. Mungkinkah itu juga tertular ke kota? Jawabannya masih buram.

Ananda tak mau berandai-andai dan enggan terburu-buru. Sekalipun mantan finalis Puteri Indonesia itu tegas menyatakan kesiapannya maju pada Pilkada. “Kami masih menunggu arahan dari Golkar provinsi dan pusat untuk memastikan langkah di Pilwali nanti,” tegasnya.

Mengacu hasil Pileg 2019, Golkar masih kuat dengan perolehan enam kursi di parlemen. Meskipun bukan lagi yang terkuat, lantaran disalip Partai Amanat Nasional (PAN).

Meski begitu bukan berarti mereka tak punya nilai tawar. Ananda adalah pilihan realistis untuk Golkar. Tinggal mencarikan pasangan untuk Ketua DPRD Banjarmasin itu.

Sebagai simulasi, kalau ingin menyunting kandidat yang disiapkan parpol lain, Golkar punya beberapa pilihan masuk akal. Sebut saja Hermansyah, Muhaimin atau Fazlur Rahman di PDIP. Ketiga nama tersebut sudah disiapkan partai banteng bermoncong putih itu sejak lama.

Pilihan realistis lainnya adalah mendampingi petahana, Ibnu Sina. Di sini, Ananda punya kans besar untuk berpindah kantor dari gedung dewan ke Balai Kota. Apalagi, Ibnu masih tergolong populer. Ananda bisa menyempurnakan kepopuleran itu.

Bagaimana dengan nama lain? Seperti putri sulung mantan wali kota Muhidin, Karmila. Atau Ketua DPC Gerindra Banjarmasin Muhammad Yamin? Kalau Golkar berani, satu diantara mereka juga bisa dipinang. Keduanya sama-sama muda. Fresh dan tak punya catatan negatif. Kota ini kebetulan butuh pemikiran yang segar.

Tapi itu cuma simulasi. Ananda bisa dengan siapa saja. Temasuk bersanding dengan teman satu warna. Yakni Bos Barito Putera, Hasnuryadi Sulaiman. Golkar tinggal membangun koalisi. Boleh disebut Golkar suka pilih. Asalkan pasangannya tepat, mereka bisa sukses dalam Pilwali nanti. Saat ini, Ananda belum mau membuka informasi terkait hal tersebut.

“Insyaallah, kalau memang itu jalannya, akan saya tempuh. Dengan siapa? Masih terlalu dini,” pungkasnya. (prokal)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *